Manfaat Update Status Social Media Untuk Kesehatan

By Astri Soeparyono, Minggu, 18 Januari 2015 | 17:00 WIB
Manfaat Update Status Social Media Untuk Kesehatan (Astri Soeparyono)

Menurut sebuah penelitian, ada manfaat update status social media untuk kesehatan. Oh, ya? Apa sajakah itu?

(Baca juga: Update Social Media Yang Bikin Orang Lain Bahagia)

Penelitian yang dilakukan Pew Research Center menunjukkan kalau update status social media (Facebook dan Twitter) bisa mengurangi stres. Tidak ada syarat mengenai apa isi status, apakah itu positif atau negatif. Mengeluarkan perasaan terpendam dengan update status di social media terbukti mengurangi stres. Apalagi untuk cewek. 

Penelitian ini dilakukan terhadap 1.800 orang cewek yang melakukan update status minimal dua kali sehari, menerima dan mengirim 25 semail sehari, melihat update Facebook dua kali sehari, dan berkirim foto via gadget setidaknya dua kali sehari. Tingkat stres mereka terbukti 21% lebih sedikit dibanding yang lainnya. 

(Baca juga: 6 Fakta Tentang Depresi Akibat Social Media)

Manfaat Update Status Social Media Untuk Kesehatan

Hasil penelitian ini juga mengatakan, aktivitas kita di social media akan membuat kita merasa didukung. Karena kita selalu terhubung dengan teman dan keluarga.

Tapi sayangnya, efek ini bisa jadi enggak dirasakan orang yang melihat update status kita di social media. Atau bahkan ketika kita yang membaca update status orang lain. Karena, status yang negatif atau menyedihkan punya kecenderungan membuat yang membacanya ikut sedih atau merasakan stres. (Sumber: glamour.com) 

(Baca juga: 3 Postingan di Social Media Yang Bikin Teman Sebal)

(foto: gifstumblr.com)