Barang-Barang Yang Beresiko Gagal Kalau Beli Lewat Online Shop

By Astri Soeparyono, Senin, 29 Desember 2014 | 17:00 WIB
Barang-Barang Yang Beresiko Gagal Kalau Beli Lewat Online Shop (Astri Soeparyono)

Kegiatan belanja online memang bikin gampang kalau kita mau beli sesuatu tanpa pergi. Apalagi kalau barang yang kita mau susah dicari di toko terdekat. Tapi, ingat beberapa barang ini yang beresiko gagal kalau kita beli lewat online shop!

 

(Baca juga : Tips Belanja Lewat Online Shop Buat Pemula)

 

Sudah banyak orang yang menjadi korban kasus penipuan penjualan barang elektronik lewat online shop. Ada juga yang barang elektroniknya rusak atau cacat karena proses pengiriman. Pembelian barang elektronik lewat online shop memang tidak disarankan. Karena bisa jadi barang elektronik itu tidak berfungsi sebagai mana mestinya pas sampai ke tangan kita.

 

Cari penjual atau seller yang mau melakukan COD atau cash on delivery. Maksudnya kita bisa ketemuan dengan si penjual dan melihat barang elektronik yang kita mau. Kalau oke baru deh kita bayar.

 

(Baca juga : 10 Tips Belanja Ramah Lingkungan)

 

Ukuran celana dan sepatu setiap produk biasanya enggak selalu sama. Enaknya kita harus mencoba dulu celana atau seaptu yang mau kita beli. Belanja lewat online shop buat pertama kali bisa jadi barang enggak muat atau kegedean. Itulah alasannya kenapa beli celana dan sepatu lebih susah daripada beli baju yang ukurannya cenderung standar.

 

Tanyakan detail ukuran seperti panjang pinggang dan kaki untuk celana yang mau kita beli. Tanyakan juga panjang sepatu yang mau kita beli. Jangan terlalu percaya dengan nomor yang tertera pada barang misalnya celana nomer 27 saja.

 

(Baca juga : Kesalahan Ketika Belanja Online)

 

Barang-Barang Yang Beresiko Gagal Kalau Beli Lewat Online Shop

 

Kosmetik seperti lipstik dan parfum termasuk dua barang yang beresiko gagal kalau belanja lewat online shop. Apalagi kalau kita belum pernah mencoba atau melihat lipstik dan parfum yang kita mau. Bisa jadi warna lipstik yang enggak cocok di kulit atau wangi parfum yang enggak kita suka.  Selain itu, sekarang ini banyak banget kosmetik palsu yang beredar.

 

Pilih online shop yang punya testimonial baik dari pelanggan karena biasanya barang mereka punya kualitas bagus. Jangan lupa cari dan coba dulu lipstik atau parfum yang kita mau di toko resminya. Beli di online shop bisa jadi pilihan biar lebih hemat.

 

(arsi, webintravel.com, cosmo.ph)