Tips Belanja Lewat Online Shop Buat Pemula

By Astri Soeparyono, Senin, 29 Desember 2014 | 17:00 WIB
Tips Belanja Lewat Online Shop Buat Pemula (Astri Soeparyono)

Mulai gatel pengen ikutan belanja online kayak teman-teman? Buat pemula, ini ada tips belanja online shop biar kita enggak terhindar dari kerugian. Jangan sampai gagal beli barang di online shop karena ternyata kita tertipu sama penjualnya atau barang enggak sesuai ya!

 

(Baca juga : 7 Alasan Cewek Suka Belanja Gila-Gilaan)

Buat yang pertama kali belanja lewat online shop, jangan ragu buat minta rekomendasi penjual atau seller dari teman. Orang yang pernah belanja online pasti tau seller mana saja yang terpercaya dan barangnya sesuai dengan harapan. Sekarang ini banyak banget online shop yang gampang menulis trusted seller atau 100% original padahal menipu pembeli, lho.

 

(Baca juga : Kesalahan Ketika Belanja Online)

Untuk awal-awal belanja online shop, hindari beli barang yang harus dicoba terlebih dahulu. Misalnya, celana atau sepatu. Karena bisa jadi ukuran barang tersebut enggak sesuai dengan badan kita. Selain itu, hindari juga belanja kosmetik yang belum pernah kita pakai sebelumnya. Karena bisa jadi warna atau wangi kosmetik yang kita pesan enggak kita suka.

 

Tips Belanja Lewat Online Shop Buat Pemula

Selain minta rekomendasi teman, biasakan cek testimonial dan keaslian barang yang dijual. Online shop terpercaya biasanya punya link tersendiri untuk testimonial dari para pembelinya supaya kita percaya. Jangan lupa periksa keaslian barang yang dijual dengan melihat foto barang tersebut. Kita harus curiga kalau foto barang yang dijual bukan foto asli yang ada ditangan penjualnya atau sekedar mengambil dari website aslinya.

 

(Baca juga : Tips Menahan Nafsu Belanja)

 

Dengan belanja di online shop kita jadi enggak berasa mengelurkan uang dari dompet. Padahal kita atau orang tua tetap harus membayar barang tersebut. Eits, jangan keasikan! Beli barang yang memang perlu saja dan memang susah didapatkan di toko aslinya. Kalau kita keseringan belanja online, yang ada kita malah enggak sadar sudah menghabiskan banyak uang.

 

 

(arsi, foto :  huffingpost.com, hercampus.com)