Tips Berpikiran Positif Ketika Orangtua Bercerai

By Astri Soeparyono, Selasa, 16 Desember 2014 | 17:00 WIB
Tips Berpikiran Positif Ketika Orangtua Bercerai (Astri Soeparyono)

Enggak ada satu pun dari kita yang berharap orangtua bercerai. Namun kenyataan tidak selalu sesuai harapan. Memang menyedihkan, tapi di balik perceraian ortu, ada beberapa hal positif yang bisa kita dapatkan. Ini bukan akhir dari segalanya, kok. Ada tips berpikiran positif ketika orangtua kita bercerai.

(Baca juga: Ketika orangtua memutuskan untuk bercerai)

Bisa jadi, sebelum ortu bercerai, kondisi rumah kita sangat tidak menyenangkan. Sering terjadi pertengkaran atau ortu justru enggak saling berbicara satu sama lain. Kita yang tinggal satu rumah pun merasakan enggak enak berada dalam kondisi ini dan jelas secara mental kita akan terpengaruh.

"Jika bercerai ada dua tanggapan, sedih dan bisa senang. Kalau yang senang jika sebelumnya orangtua terlalu sering bertengkar," ucap Evita Adnan, seorang psikolog anak dan remaja.

(Baca juga: Kalau mama papa sering bertengkar)

Tips Berpikiran Positif Ketika Orangtua Bercerai

Begitu orangtua bercerai, tentu kita akan tinggal dengan salah satu dari mereka. Dan pasti, kita akan ada kewajiban juga untuk bertemu dengan satu dari mereka, yang tinggal terpisah dari kita. Walau awalnya terasa aneh, percaya deh, kondisi ini membuat kita makin peduli pada kedua orangtua kita.

Misalnya kalau kita tinggal dengan Mama, kita akan berusaha mencari waktu untuk bertemu dengan Papa. Setidaknya rajin menelepon atau SMS untuk mengetahui kabarnya. Kita jadi semakin menghargai waktu kita baik saat bersama Papa atau bersama Mama.

(Baca juga: 5 Hal Sederhana Buat Orangtua Bahagia)