ISCC 2014: Ajang Kompetisi Remaja Wirausaha Tingkat Nasional

By Astri Soeparyono, Rabu, 27 Agustus 2014 | 16:00 WIB
ISCC 2014: Ajang Kompetisi Remaja Wirausaha Tingkat Nasional (Astri Soeparyono)

Zaman sekarang, pintar saja belum tentu menandakan seseorang bakal sukses. Harus ada keahlian atau strategi lain yang bisa jadi pegangan kita buat masa depan, salah satunya adalah dengan bisnis. Permata Bank bekerja sama dengan Prestasi Junior Indonesia (PJI) mengirim SMK Farmasi Ditkesad dengan perusahaan siswa bernama Dahayu Co. untuk mengikuti ajang kompetisi remaja wirausaha tingkat nasional "Indonesia Student Company Competition (ISCC) 2014".

Acara yang digelar di Atrium Citywalk, Jakarta pada 22-23 Agustus 2014 ini merupakan kompetisi bagi siswa SMA/SMK untuk membuat business plan berikut dengan produk yang akan dijual. Tiap perusahaan siswa terdiri dari 20-25 siswa/i yang dipimpin oleh enam siswa unggulan yang berperan sebagai: presiden direktur, VP Marketing, VP Production, VP Finance, VP Human Resources, dan VP Public Relations.

"Banyak pelajaran yang didapat selama menjalankan perusahaan dan juga dalam mempersiapkan segala sesuatunya untuk kompetisi ini. Selama ini, saya dan teman-teman berusaha untuk menyeimbangkan antara pelajaran sekolah dan "bisnis"-nya, intinya adalah time management yang baik," ungkap Novinda, salah satu peserta program dari SMK Farmasi Ditkesad yang menjabat sebagai Vice President of Marketing Dahayu Co.

Dahayu Co. sendiri berhasil meraih juara ke-2 dan sebagai satu-satunya SMK dari wilayah DKI Jakarta yang masuk 3 terbaik dan mengalahkan 10 sekolah lainnya.

Di kompetisi ini, Dahayu Co. menghasilkan produk lulur alami 3 varian (kopi, bengkoang, dan alpukat) dan khasiat dalam satu kemasan, yaitu Lulur Geulis 3in1, dengan harga Rp 20.000. Selama 2 hari, kompetisi ini juga mengadakan stand bazaar untuk para peserta menjual barang dagangannya dan selama 2 hari itu pula Dahayu Co. telah berhasil menjual seluruh persediaannya sebanyak 165 cup.

 

Selain SMK Farmasi DITKESAD sebagai perwakilan dari Dahayu Co., kompetisi ini juga mencetak 2 juara lainnya yaitu SMKN 2 Depok, Sleman dengan produk sepatu dua warna sebagai juara pertama, dan SMAN 1 Rantau Pulung, Kal-Tim dengan produk souvenir dari kain flannel sebagai juara ketiga. Nantinya, pemenang dari ISCC 2014 ini akan maju ke babak Asia Pasifik.

(putrid, foto: permata bank)