Biaya Pembayaran SBMPTN 2014 Hanya Rp100 Ribu

By Astri Soeparyono, Minggu, 11 Mei 2014 | 16:00 WIB
Biaya Pembayaran SBMPTN 2014 Hanya Rp100 Ribu (Astri Soeparyono)

Buat kamu yang akan kuliah tahun ini, ada kabar baik nih. Biaya pembayaran SBMPTN 2014 hanya Rp100 ribu.

 

Mulai tahun ini, pemerintah menyubsidi biaya pendaftaran Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN) secara tertulis alias Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sehingga biayanya lebih murah dari tahun sebelumnya.

Tahun ini, masing-masing peserta SBMPTN cukup membayar Rp100 ribu saja untuk semua pilihan program studi. Hal ini ditegaskan langsung oleh Ganjar Kurnia, Ketua Umum Panitia SBMPTN 2014.

"Pilihan sains teknologi, sosial humaniora, atau campuran, tetap bayar  Rp 100.000 saja. Untuk yang harus ujian keterampilan juga tidak perlu membayar lagi," kata Ganjar seperti dilansir Kompas beberapa hari lalu.

Ujian tertulis tahun ini juga bakal digelar hanya satu hari saja, yaitu pada 17 Juni 2014. Adapun untuk ujian keterampilan akan digelar 18-19 Juni mendatang.

Materi yang diujikan untuk peserta SBMPTN program IPA atau Sains dan Teknologi (Saintek) adalah Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA)  dan Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek).

Sedangkan untuk peserta yang memilih Progam studi IPS atau Sosial Humaniora, tes yang dilakukan TKPA dan TKD Sosial Humaniora (Soshum). Nah, bagi  peserta yang memilih keduanya (campuran) harus mengikuti tiga mata ujian, yaitu TKPA, TKD Saintek dan TKD Soshum.

SBMPTN 2014 terbuka untuk luluan SMA/SMK/MA pada 2012-2014. Pendaftaran secara online biasa di akses melalui laman www.sbmptn.or.id. Jangan sedih bagi yang nggak punya pulsa atau paket internet, panitia kali ini bekerjasama dengan PT. Pos Indonesia sehingga peserta bisa memanfaatkan internet di kantor pos untuk pendaftarannya.

(adhie/hai, foto: keepcalm-o-matic.co.uk