Ujian Nasional 2014: Siswa SMA di Palembang Nekat Beli Kunci Jawaban

By Astri Soeparyono, Minggu, 13 April 2014 | 16:00 WIB
Ujian Nasional 2014: Siswa SMA di Palembang Nekat Beli Kunci Jawaban (Astri Soeparyono)

Takut tidak lulus, siswa SMA di Palembang nekat beli kunci jawaban UN 2014.

Kunci jawaban Ujian Nasional (UN) 2014 tingkat SMA sederajat "diperdagangkan" jelang dimulainya ujian penentu nasib kelulusan pada Senin (14/4).

Meski berbagai upaya sudah dipersiapkan, ternyata tidak semua siswa yakin bisa mengatasi UN dengan pengetahuan yang diperoleh selama belajar di sekolah.

Ratusan siswa di Kota Palembang, Sumatera Selatan, bahkan rela mengumpulkan uang Rp 7 juta dengan cara patungan, untuk membeli kunci jawaban semua mata pelajaran dan paket soal.

Kunci jawaban itu, didapat dari seseorang yang disebut oknum pegawai negeri sipil (PNS) di Dinas Pendidikan (Disdik) setempat.

RD, siswa SMA Negeri di Palembang, mengaku jadi koordinator di kelasnya untuk mengumpulkan uang tersebut.Dia mendapatkan informasi tentang peluang mendapatkan kunci jawaban ini, dari siswa kelas lain di sekolahnya yang berhubungan langsung dengan penyedia kunci jawaban itu.

"Saya bersama lima koordinator kelas lain mengadakan rapat untuk menentukan kunci jawaban dengan biaya berapa yang akan diambil," katanya.

Ia menuturkan, kunci jawaban tersebut ditawarkan dalam beberapa kelompok harga dan berbeda penyedianya.Termurah, kunci jawaban UN itu dijual seharga Rp 750 ribu. Ada pula yang seharga Rp 5 juta, Rp 7 juta, Rp 15 juta, hingga Rp 31 juta.

Namun, mereka sepakat membeli kunci jawaban yang harganya Rp 7 juta.

"Itu paling standar dan kami berharap dengan harga yang tidak terlalu murah ini, jawabannya juga benar-benar valid," jelasnya. (Sumber: Sriwijaya Post)

(ega/hai, foto ilustrasi: news.kompas.com)