5 Alasan Kita Ikut Pemilu 2014

By Astri Soeparyono, Senin, 7 April 2014 | 16:00 WIB
5 Alasan Kita Ikut Pemilu 2014 (Astri Soeparyono)

Sebagian dari kita ada yang akhirnya punya kesempatan istimewa untuk ikutan memilih di pemilu 2014 nanti. Tapi, sebenarnya kenapa sih kita sebaiknya ikutan memilih?

Di Indonesia, warga negara yang sudah berumur 17 tahun mendapatkan hak untuk memilih siapa yang akan mengelola negara ini. Dan di tahun 2014 ini, ada sebagian dari kita yang punya kesempatan untuk bisa ikut memilih untuk pertama kalinya. Namun sayangnya masih ada yang ragu-ragu apakah akan ikut berpartisipasi atau enggak. Ada juga sebagian yang yakin banget enggak akan memilih, entah karena ketidaktahuan akan calon-calon yang ditawarkan atau karena sikap apatis dengan kondisi negara ini. Sebelum pemilu tiba bulan April nanti, baca dulu alasan-alasan kenapa sebaiknya kita menggunakan hak pilih kita nanti.

Ketika kita memutuskan untuk ikut memilih, artinya kita sedang menggunkaan hak untuk menyuarakan pendapat dan keinginan kita tentang hal-hal yang terjadi dalam hidup kita, dari soal sekolah, transportasi umum, kebijakan pemerintah, dan lain-lain. Makanya, sesuaikan pilihan kita nanti dengan keinginan-keinginan kita. Carilah calon-calon pemimpin yang setidaknya satu pemikiran dengan kita. Ahok, Alanda Kariza, Ridwan Kamil, Pandji dan Najwa Shihab berbagi ide tentang kenapa sebaiknya kita memilih saat pemilu nanti. Simak, yuk, apa kata mereka!

(audrey/marti, foto: Kompas/Iwan Setiyawan)