JK Rowling: Ungkap Asal-Usul Quidditch World Cup

By Astri Soeparyono, Selasa, 18 Maret 2014 | 16:00 WIB
JK Rowling: Ungkap Asal-Usul Quidditch World Cup (Astri Soeparyono)

Tahu kan olahraga Quidditch yang ada di film Harry Potter. Tapi JK Rowling terinspirasi dari mana ya bisa menciptakan olahraga tersebut?

Penulis terkenal asal Inggris itu, membocorkan asal-usul dari Quidditch World Cup dalam situs Pottermore. Rowling mengungkapkan, jika olahraga fiksi tersebut diambil dari sebuah pertandingan di tahun 1877.

Rowling menulis, dirinya terinspirasi dari sebuah pertandingan di Kazakhstan Ryn Desert pada tahun 1877. Peraturan dan permainannya juga diambil turnamen yang lebih dikenal dengan nama Nobody Remembers.

Selain itu, Rowling sepertinya juga terinspirasi dari kisah Sochi Olimpiade dan FIFA World Cup.

"The ICWQC (International Confederations of Wizards Quidditch Committee) memiliki pekerjaan yang kurang beruntung karena harus mengurus olahraga kontroversial dan anarkis ini," tulis JK Rowling dalam sejarah Quidditch, seperti dilansir Digitalspy, Senin (17/3). 

JK Rowling melanjutkan, "Ini adalah pertarungan yang keras, beresiko bagi semua orang yang datang, dan sering sekali terjadi protes. The Quidditch World Cup, adalah olahraga yang paling menyenangkan di bumi, sekaligus sebuah mimpi buruk." (MCG/BAP) 

(gohitzz, foto: digitalcitizen.ca)