MTV Movie Awards 2014: Diprotes Karena Enggak Adil?

By Astri Soeparyono, Sabtu, 15 Maret 2014 | 16:00 WIB
MTV Movie Awards 2014: Diprotes Karena Enggak Adil? (Astri Soeparyono)

Menurut sebuah petisi online, MTV Movie Awards memperlakukan perempuan dengan tidak adil.

MTV disudutkan oleh para penandatangan petisi online yang mengecam jaringan tersebut karena hanya menyertakan karakter laki-laki dalam kategori Best Hero - dan mereka juga menuntut supaya pahlawan The Hunger Games, Katniss Everdeen, dimasukkan ke dalam kategori tersebut.

"Tidak ada seorang perempuan pun dalam Hero Category," bunyi petisi tersebut. "Jangan biarkan perempuan tangguh seperti Katniss diabaikan!"

"Penting bagi para kaum perempuan untuk mengetahui bahwa ada seorang pahlawan di luar sana yang mewakili mereka," ujar penulis petisi Sophie Azran. "Para perempuan muda juga memiliki beberapa pahlawan perempuan yang digambarkan di film dan televisi. Kita terus menerus dijejali oleh industri hiburan bahwa pria itu pemberani, tangguh atau sukses, sementara perempuan sering dijadikan sebagai pemeran pendukung dan digambarkan sebagai karakter lemah."

MTV belum menanggapi permintaan TheWrap untuk memberikan komentar.

Sejauh ini, petisi tersebut sudah mencapai lebih dari 11.000 tanda tangan, dengan target 12.000 tanda tangan pada Jumat.

Nomine dalam kategori Best Hero tahun ini meliputi Henry Cavill sebagai Clark Kent di Man of Steel, Robert Downey Jr. sebagai Iron Man di Iron Man 3, Martin Freeman sebagai Bilbo Baggins di The Hobbit: The Desolation of Smaug, Chris Hemsworth sebagai Thor di Thor: The Dark World, dan Channing Tatum sebagai John Cale di White House Down. (Seleblitz/BAP/AL)

(gohittz.com, foto: news.mtv.it)