Biggest Marathon Event Around The World

By Marti, Sabtu, 30 November 2013 | 16:00 WIB
Biggest Marathon Event Around The World (Marti)

Ada yang suka lari maraton, girls? Sekarang maraton memang sedang terkenal banget. Banyak event lari yang diselenggarakan di beberapa tempat, termasuk di Jakarta beberapa waktu lalu. Olahraga ringan ini memang terbukti menyehatkan banget sehingga enggak heran jika banyak diadakan. Cari tahu, yuk, event maraton terbesar di dunia yang selalu mengundang banyak runners untuk berpartisipasi.

Tokyo Marathon diadakan setahun sekali di Tokyo dan sudah berlangsung sejak tahun 2007. Terakhir kali, event ini diadakan bulan Februari lalu. Waktu pertama kali diadakan, total peserta yang mengikuti event ini mencapai 30.000 orang, girls. Serunya, event ini bahkan enggak bisa dikalahkan oleh cuaca, lho. Tahun 2011, para runners tetap semangat berlari meski di bawah guyuran hujan sekalipun. Event terakhir tahun 2013 ini diikuti oleh 304.508 runners. Wow.

Boston Marathon sudah berlangsung sejak lama, yaitu sejak tahun 1897 dan selalu diadakan hari Senin ketiga di Bulan April, tepatnya untuk memperingati Patriot's Day. Bisa dibilang, inilah event maraton paling tua yang masih diadakan sampai sekarang, girls. Enggak hanya diikuti oleh warga Boston, banyak runners dari seluruh dunia yang tertarik untuk mengikutinya. Sayangnya, event yang diadakan tahun 2013 dinodai dengan aksi pengeboman menjelang garis finish. Tragedi ini kemudian dikenal dengan sebutan Boston Marathon Bombing.

Tahun 2012 kemarin, London Marathon memecahkan rekor sebagai event maraton dengan jumlah finishers terbanyak, yaitu 36.748 orang. Event maraton yang memakan jarak sangat jauh ini sudah dimulai sejak tahun 1981 dan berlangsung rutin setahun sekali. Sejak tahun 2010, event ini disponsori oleh Virgin Money sehingga lebih dikenal dengan sebutan Virgin Money London Marathon.

Berlin Marathon atau BMW Berlin Marathon memakan jarak sejauh 42.195 km, girls. Enggak hanya atlet profesional, runners yang masih amatir pun banyak yang ikut meramaikan event yang sudah ada sejak tahun 1974 ini. Sampai sekarang tercatat kalau partisispan di event ini berasal dari 107 negara. Biasanya, event ini diadakan di weekend terakhir bulan September.