Letusan Gunung Terbesar Sepanjang Masa

By , Selasa, 4 Juni 2013 | 16:00 WIB
Letusan Gunung Terbesar Sepanjang Masa (cewekbanget)

Pernah melihat gunung meletus secara langsung enggak, girls? He-he-he. Kadang kalau memikirkan fenomena alam ini ada perasaan ngeri sendiri, ya. Apalagi kalau membayangkan lelehan panas dari dalam gunung dan asapnya yang beracun. Beberapa letusan gunung di bawah ini termasuk yang terbesar di dunia, lho. Ada gunung Krakatau juga!

Krakatoa atau yang lebih dikenal dengan nama Krakatau masih termasuk guung yang aktif. Gunung yang terletak di Selat Sunda ini sempat meletus hebat pada Agustus 1883. Ledakannya dikatakan 13 ribu kali lebih hebat dari bom Hiroshima, bahkan terdengar sampai Perth, Australia. Muntahannya sampai lebih dari 21 kilometer kubik dan batu plus debu sampai membumbung hingga 70 mil.

Gunung yang tlah mengubur kota Pompeii ini menyebabkan kematian sampai 25 ribu jiwa. Peristiwa itu terjadi pada tahun 79 SM dan gunung ini meletus selama 20 jam tanpa henti. Hiiiy, mengerikan! Sejak itu, gunung ini terus menerus sampai tahun 1944.

Gunung api yang terletak di Islandia ini sudah lama 'tertidur' sejak letusan hebatnya pada tahun 1783. Gunung ini sempat membunuh sekitar 50% populasi mahluk hidup di Islandia sama awan beracunnya.

Gunung yang berada di negara kita ini termasuk aktif sampai sekarang. Pada tahun 1815, gunung ini mengguncang dunia dengan letusannya. Bahkan, letusan gunung ini telah merusak stratosfir dan menyebabkan kelaparan sampai ke Amrik dan Eropa pada abad ke-19.

Gunung yang sekarang jadi tujuan wisatawan yang berkunjung ke Prancis ini sempat meletus pada tahun 1902. Letusan ini termasuk yang terbesar di abad ke-20 dan menewaskan lebih dari 30 ribu orang. Dengan temperatur 1075 derajat, lahar melelehkan kota St.Pierre yang berada di bawahnya. Kota terbakar berhari-hari dan cuma ada dua orang yang selamat.

(lana, foto: jurnalpatrolinews.com, slideshare.net, m.inmagine.com, tamboratrek.com, easyvoyage.co.uk)