Kota Mati dan Tidak Berpenghuni

By Astri Soeparyono, Kamis, 16 Mei 2013 | 16:00 WIB
Kota Mati dan Tidak Berpenghuni (Astri Soeparyono)

Jalan-jalan ke tempat yang belum pernah kita datangi memang selalu membuat penasaran dan pasti menyenangkan. Tapi, hati-hati kalau ternyata tempat tersebut ternyata sudah tidak berpenghuni lagi. Di beberapa negara, terdapat kota mati yang sudah tidak berpenghuni dan ditinggalkan oleh penduduknya. Kota mana saja ya? Hiiii..

 

Kolmanskop adalah sebuah kota mati di selatan Namibia, beberapa kilometer dari pelabuhan Luderitz. Di tahun 1908, terdapat padang pasir yang didalamnya bisa ditemukan berlian. Karena berlian itu terciptalah kota yang makmur. Sampai di tahun 1950 pada Perang Dunia I, jual beli berlian terhenti. Pada saat itu, Kota Kolmanskop terkubur oleh pasir yang menjadi tempat mata pencaharian penduduk.

 

Kota besar di daerah Ukraina Utara yang bernama Prypiat merupakan perumahan para pekerja di kawasan nuklir Chernobyl. Setelah terjadi bencana nuklir Chernobyl yang menelan 50.000 jiwa, kota ini hanya menjadi bagian dari sejarah Uni Soviet.

 

Di sebelah utara Taiwan, terdapat sebuah kampung yang futuristik. Kota ini pada awalnya dibangun sebagai tempat peristirahatan yang mewah bagi orang kaya. Namun, setelah terjadi banyak kecelakaan fatal karena bangunan yang tidak memadai, proyek pun dihentikan di tengah jalan.