Secondhand Shopping Guideline

By Astri Soeparyono, Senin, 27 Agustus 2012 | 16:00 WIB
Secondhand Shopping Guideline (Astri Soeparyono)

Sebelum berangkat ke tempat-tempat belanja barang second, harus baca beberapa tips ini. Biar acara belanja produk fashion second bikin kita puas!

Buat batasan budget

Melihat banyak banget barang dengan harga murah bisa bikin kita laper mata. Bisa bahaya kalau sampai di rumah ternyata kita enggak suka-suka banget sama barang yang udah dibeli. Coba buat batasan budget. Misalnya, kita cuman mau belanja sampai Rp200.000. Ini membuat kita lebih mikir lagi saat memilih barang dan enggak main asal beli.

Perhatikan kualitas barang

Enggak mau pulang ke rumah dengan perasaan menyesal dong? Belanja produk second emang enggak bisa buru-buru. Kita harus teliti buat meriksa barang yang emang kita mau. Hanya karena harganya murah, bukan berarti jaket kulit yang robek jadi worth it buat dibeli, lho.

Coba perhatiin apa ada lubang atau noda yang kayaknya bakal susah hilang. Perhatikan juga jumlah kancing dan apa resleting bisa menutup dengan baik. Periksa juga kualitas bahan apakah masih bagus atau sudah rapuh.

Pastikan ukuran

Di pasar tempat penjualan barang second biasanya enggak memungkinkan kita buat mencoba barang yang mau kita beli. Jadi, coba ukur dulu lingkar pinggang dan lebar bahu kita. Bawa meteran atau benang dengan panjang lingkar pinggang dan lebar bahu kita tadi ke pasar. Ini bakal membantu kita banget apakah baju dan rok yang kita mau cukup atau enggak sama kita.

Bayangkan padu padan

Suka ngeliat betapa kerennya Vanessa Hudgens atau Taylor Swift yang tampil oke dengan style vintage-nya? Coba browsing style pakaian vintage di internet. Bayangin apa yang sekiranya perlu kita cari buat melengkapi style vintage yang kita mau. Saat milih rok vintage misalnya, coba bayangin dengan atasan apa kira-kira kita bisa padanin rok lucu itu. Hasilnya, belanjaan kita enggak akan cuma numpang disimpen di lemari aja.

Jangan terlihat mauuuu banget

Para pedagang di pasar barang second sudah biasa menghadapi banyak pembeli dengan segala tawarannya. Jadi, saat milih-milih barang, coba tahan diri kita buat teriak "ya ampuunnn, ini lucu bangeeett!!". Kalau kita kelihatan banget berminat, penjualnya pasti juga akan bertahan di harga yang lebih mahal dari yang seharusnya bisa kita dapetin. Coba pasang tampang tanpa ekspresi. Mereka pasti akan nawarin harga murah buat menarik perhatian kita.