Welcoming the Collar Trends!

By Astri Soeparyono, Senin, 7 Mei 2012 | 16:00 WIB
Welcoming the Collar Trends! (Astri Soeparyono)

Model baju berkerah emang lagi hits. Detail kerah yang beragam, mampu memberi aksen unik dan simple pada penampilan kita. Dan seiring makin berkembangnya dunia fashion, maka macam - macam kerah pun juga akan semakin berkembang sesuai dengan jenis baju yang makin beragam. 

Enggak hanya cowok, dengan kemejanya yang bisa tampil keren, sekarang, buat kita para cewek, juga enggak bakalan kalah stylish menggunakan berbagai model baju berkerah, mulai dari dress, blouse, atau kaos berkerah. 

Kini, nggak hanya untuk dipakai saat acara formal aja, kita juga bisa pakai collar necklace, yaitu, kerah yang bisa dipasang terpisah dengan baju kita, cocok untuk melengkapi outfit casual kita, pasti bakal menyulap penampilan kita jadi lebih seru. Kenalan yuk, dengan sebutan dan bentuk mereka masing-masing. 

Pada dasarnya, ada tiga jenis kerah, yaitu kerah rebah (flat collar), kerah lipat atau setengah berdiri dan kerah berdiri (standing collar). Dan dari tiga jenis kerah tersebut, kini hadir dengan beragam variasi bentuk kerah. Masing-masing punya bentuk dasar dengan kegunaannya masing - masing.

Setiap kerah biasanya akan memberikan ciri khas sendiri pada pakaian. Dan enggak di setiap jenis pakaian, bisa diaplikasikan dengan semua jenis kerah. 

dengan bentuk yang bervariasi seperti, kerah peterpan, cape, bib dan bertha. Biasanya bisa kita temukan pada dress atau blouse. Dan saat ini, peterpan collar lagi hits banget lho.  Diambil dari kostum tokoh dongeng Peter Pan, pada tahun 1905, yang diperankan oleh Maude Adams dalam film-nya.  

punya variasi bentuk seperti kerah lapel, eton, notched dan kelasi. Biasa kita temukan pada model blazer atau jacket. Nah, yang paling catchy saat dikenakan adalah Sailor Collar atau kerah kelasi, popular pada awal tahun 20-an, sebagai seragam tradisional pelaut, yang memiliki model V-neck pada bagian depan, dan kotak pada bagian belakang. Selain itu, di Jepang juga identik menggunakan model kerah kelasi ini sebagai seragam sekolah. 

Dan untuk biasanya divariasikan mejadi kerah model chinese dan  turtle neck. Biasa kita temukan di model baju cheongsam atau sweater