4 Fakta Menarik Tentang Parfum

By Astri Soeparyono, Minggu, 1 Desember 2013 | 16:00 WIB
4 Fakta Menarik Tentang Parfum (Astri Soeparyono)

Parfum memang banyak dipilih orang karena dapat menjaga wangi badan kita selama beraktivitas. Bahkan bagi kebanyakan cewek, parfum merupakan salah satu benda yang wajib ada di tas. Biar selalu siap sedia ketika bau badan menyerang, kita pasti mengandalkan parfum. Nah, karena benda ini begitu penting, yuk kita cari tahu lebih jauh beberapa hal menarik soal parfum langsung dari pakar parfum dunia asal Perancis, Frederic Malle.

Bagian kulit yang suka jadi spot buat menyemprotkan parfum adalah bagian nadi di tangan dan leher. Ternyata, dua bagian itu bukan spot terbaik, lho. Ada yang lebih baik lagi, yaitu rambut. Rambut lebih tahan lama menjaga wangi parfum dibanding kulit. Rambut juga secara terus menerus dihangatkan oleh tulang kepala sehingga memungkinkan baunya lebih menyebar. Walau rambut adalah spot terbaik. sayangnya parfum punya kandungan alkohol yang tidak baik untuk kesehatan rambut. Jadi, disarankan jangan terlalu sering menyemprotkan parfum badan ke rambut kita, ya.

 

Harum bunga atau bau makanan bisa diciptakan dalam sebuah botol yang kita kenal sebagai parfum. Pada era 80-an, para peneliti mulai mengembangkan sebuah teknik yang bisa mendeteksi, menganalisis, dan menciptakan bau dari hampir semua objek yang ada di dunia. Teknik ini dikenal sebagai headspace pada masa itu.

Kalau punya kulit yang sensitif sama parfum, kita bisa mengakalinya, kok. Pada umumnya, parfum emang disemprotin di bagian kulit tertentu. Nah, buat yang punya kulit sensitif, kita bisa menyemprotkan parfum ke baju yang lagi dipakai. Tapi, ada beberapa bahan pakaian tertentu yang enggak bagus kalau disemprotin parfum. Sebelumnya, kita coba tes dulu dengan semprotan kecil di baju, apakah ninggalin bekas semprotan atau enggak.

Banyak orang berpikir kalau pakai parfum, pakailah parfum yang mahal. Ternyata, parfum enggak harus mahal. Malle mengaku, terkadang harga mahal itu bisa jadi bagian dari strategi marketing. Selain itu, biasanya suatu produk parfum diberi harga sesuai dengan bahan-bahan mentah yang dipakai. Apakah bahan dasarnya susah ditemukan atau tidak, dan sebagainya.

(nana, foto: teens.lovetoknow.com)