Rambut Tetap Cantik Di Musim Dingin

By Astri Soeparyono, Minggu, 17 November 2013 | 16:00 WIB
Rambut Tetap Cantik Di Musim Dingin (Astri Soeparyono)

Akhir-akhir ini, hujan lagi sering mengguyur berbagai kota di Indonesia. Udara dingin pun mulai kita rasakan belakangan ini. Di saat cuaca dingin kayak gini, kita enggak boleh lupa, lho, untuk terus merawat diri terutama menjaga mahkota kita.

Udara dingin ternyata dapat mengurangi kelembaban rambut. Akibatnya, rambut jadi kering, kusut, dan mudah patah. Yuk, kita rawat rambut agar tetap cantik walau terkena udara dingin sekalipun.

Ada baiknya kita enggak perlu mencuci rambut setiap hari. Semakin sering keramas, kelembaban alami rambut kita akan cepat hilang. Makanya, di saat cuaca dingin, lebih baik kita mencuci rambut setiap dua atau tiga kali seminggu agar kelembutan dan kelembabannya tetap terjaga.

Girls, untuk menghindari rambut kering, jangan sampai kelupaan untuk pakai conditioner setelah keramas.  Apalagi di cuaca dingin seperti sekarang, sebaiknya kita melakukan deep conditioning seminggu sekali. Caranya mudah. Setelah kita memakai conditioner secara merata ke rambut, tutup kepala kita dengan shower cap dan diamkan selama 15 menit.

Setiap habis keramas, biasakan mengeringkan rambut secara alami. Sebaiknya enggak menggunakan alat pengering rambut yang bakal menimbulkan aliran statis lebih tinggi terutama saat cuaca dingin. Rambut pun akan mudah berantakan dan susah diatur. Selain itu, hindari keluar rumah saat rambut masih basah karena cuaca dingin akan membekukannya dan mengurangi kekokohan rambut.

Saat keluar rumah, gunakan topi berbahan wol atau scarf berbahan sutra untuk melindungi rambut kita. Kedua bahan ini dapat menjaga rambut kita agar enggak mudah tergesek dan menimbulkan aliran statis.

(nana, foto: etsy.com)