Yuk, Rawat Kuku Kaki Kita!

By Astri Soeparyono, Jumat, 1 November 2013 | 16:00 WIB
Yuk, Rawat Kuku Kaki Kita! (Astri Soeparyono)

Enggak cuma kuku jari tangan kita yang perlu diperhatikan kesehatan dan kecantikannya, tapi kuku jari kaki kita juga penting, lho. Meskipun lebih jarang terlihat dibandingkan kuku jari tangan, kuku jari kaki juga mempengaruhi total look kita.

Setelah kita bepergian atau sebelum tidur, pastikan mencuci dan menyikat kaki kita dengan seksama hingga ke sela-sela kaki  agar kaki bisa bersih dari debu dan kotoran yang menempel. Enggak mau, kan, kotoran menumpuk di sela-sela kaki dan kuku jari kita dan membuat kuku kita jadi terlihat hitam.

Pertumbuhan kuku jari kaki kita lebih lambat dibandingkan dengan kuku jari tangan. Tapi enggak berarti kita memotongnya hanya saat kuku jari kaki kita menjadi sangat panjang. Kuku jari kaki yang terlalu panjang, selain bisa menjadi tempat bakteri dan kuman bertumbuh, juga membuat kita menjadi enggak nyaman saat memakai sepatu. Karena itu, guntnglah kuku ari kaki kita minimal seminggu sekali, tapi jangan memotong terlalu pendek karena bisa melukai kulit dan menimbulkan infeksi.

Kutikula merupakan kulit yang ada di sela kanan dan kiri kuku jari kita, biasanya berwarna putih dan keras. Jika kuku jari kita terdapat kutikula, jangan lupa membersihkannya menggunakan pengorek kuku yang biasanya tersedia bersama gunting kuku. Dengan membersihkan kutikula, kuku jari kita menjadi lebih bersih dan sehat.

Seringkali kuku kaki kita enggak ikut ketinggalan dihias dengan berbagai warna kuteks maupun nail art. Sebelum mengoleskan kuteks, pastikan kita memakai basecoat terlebih dahulu agar kuteks enggak langsung mengenai kuku sehingga kuku enggak rusak dan menguning. Ketika kita ingin membersihkan kuteks, gunakan pembersih yang memiliki kadar alkohol enggak terlalu tinggi sehingga kuku enggak jadi kering.

(ella, foto: pinterest.com)