Agar Terhindar Dari Bau Kaki

By Astri Soeparyono, Jumat, 1 November 2013 | 16:00 WIB
Agar Terhindar Dari Bau Kaki (Astri Soeparyono)

Saat gaya kita udah oke from head to toe dan badan udah harum dengan wangi parfum, tentunya kita enggak mau kalau ternyata masalah timbul dari kaki kita. Bau kaki bisa sangat mengganggu kepercayaan diri kita dan tentu aja orang sekitar kita. Cari tahu, yuk, gimana caranya agar kaki kita bisa tetap segar dan wangi!

Bau yang menyengat disebabkan oleh produksi keringat yang berlebih pada kulit kita. Kaki dipercaya memproduksi keringat sebanyak 570 ML setiap harinya, apalagi jika tercampur dengan bakteri tentunya bau yang enggak sedap akan segera tercium dari kaki kita. Tipsnya, gunakan kaos kaki berbahan katun yang menyerap keringat jika kita mengenakan sepatu.

Kuku jari kita juga perlu diperhatikan kebersihannya. Kotoran yang ada pada kuku jari kita bisa menimbulkan bau yang enggak sedap. Karena itu, sempatkanlah waktu untuk merawat dan membersihkan kuku jari kita dengan memotong kuku minimal seminggu sekali. Jangan biarkan kotoran menumpuk pada kuku jari kita.

Pemilihan bahan sepatu yang kita pakai juga berpengaruh pada kaki kita. Sepatu yang terbuat dari bahan plastic cenderung lebih panas sehingga membuat kaki kita lebih gampang berkeringat. Lebih baik pilih sepatu yang berbahan kain. Pilih sepatu yang juga nyaman agar kaki bisa tetap 'bernafas'. Tapi, pastikan kita menyimpan sepatu kita dengan benar dan juga rajin membersihkan sepatu kita. Jangan juga menggunanakan sepatu yang basah, ya gals...

Setiap kali kita mandi atau merasa kaki kita kotor maupun pada waktu malam sebelum tidur, pastikan kita mencuci kaki kita dengan benar. Bersihkan sela-sela kaki karena daerah tersebut paling lembab sehingga jika kotor dapat menibulkan bau yang enggak sedap. Janganlupa untuk segera mengeringkannya dengan handuk.

(ella, foto: pinterest.com)