Manfaat Si Merah Apel Untuk Kecantikan

By Astri Soeparyono, Jumat, 11 Oktober 2013 | 16:00 WIB
Manfaat Si Merah Apel Untuk Kecantikan (Astri Soeparyono)

Ada pepatah yang mengatakan "an apple a day keeps the doctor away." Tapi selain untuk kesehatan, buah apel juga bisa berguna untuk kecantikan kita, lho!

 

Apel mengandung banyak vitamin yang bisa menyehatkan kulit, seperti vitamin A dan C yang bisa membuat kulit terlihat mulus dan bebas jerawat. Asam pada buah apel juga bisa mengurangi radang pada jerawat. Caranya, campurkan parutan buah apel dengan madu lalu diamkan 10 menit pada wajah lalu bilas hingga bersih.

 

Kantung mata yang berwarna hitam bisa mengganggu penampilan kita. Apel yang mempunyai kandungan air yang tinggi bisa membantu kita menguranginya. Caranya, campurkan 2 sendok makan sari apel dengan parutan kentang. Oleskan pada kantung mata dan tutup dengan handuk hangat, diamkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih.

 

Toner bermanfaat untuk membersihkan wajah dan menyegarkan kulit wajah secara instan. Tentunya, toner dari bahan alami seperti apel akan lebih menyehatkan. Caranya mudah, potong kecil-kecil sebuah apel hijau dan rebus dalam setengah gelas air hingga mendidih, tiriskan. Setelah dingin, ambil sarinya dengan cara disaring dengan kain bersih. Lalu celupkan kapas wajah kedalam sari apel dan oleskan secara merata pada kulit wajah.

 

Tekstur buah apel yang renyah dan enggak lengket bisa menjadi pembersih bagi mulut kita. Sewaktu mengkonsumsi buah apel, produksi air liur kita meningkat sehingga dapat membersihkan permukaan gigi dari plak dan kuman. Selain itu, apel juga mengandung ektin yang dapat menetralkan bau makanan sehingga nafas kita bisa segera terasa segar sehabis makan.

(ella, foto: publicdomainpictures.net)