Bye Bye Puffy Eyes

By Marti, Rabu, 18 September 2013 | 16:00 WIB
Bye Bye Puffy Eyes (Marti)

Begadang atau berantem sama pacar sehingga menangis semalaman bisa membuat mata jadi bengkak. Duh, enggak cantik banget mata bengkak ini. Tapi, enggak usah khawatir, girls, karena beberapa bahan masakan dan peralatan dapur bisa membantu kita menghilangkan mata bengkak ini dalam waktu singkat.

Dehidrasi hanya akan membuat beberapa bagian tubuh membengkak, termasuk kelopak mata. Dengan banyak meminum air putih, tubuh memiliki cairan dalam jumlah cukup dan mengurangi risiko pembengkakan ini. Jika terpaksa begadang, ganti kopi atau soda dengan air putih karena kopi dan soda hanya akan membuat tubuh terkena dehidrasi.

Mentimun memang sahabat baik buat mata. Kita tinggal memotong buah ini dan menyimpannya di dalam lemari es selama sekitar sepuluh menit, lalu menempatkannya di atas kelopak mata hingga terasa hangat. Enzim yang terkandung di dalam mentimun akan membantu mengurangi peradangan di sekitar mata.

Jangan keburu membuang kantong teh sehabis dipakai karena benda ini berguna banget untuk menghilangkan mata bengkak. Rendam kantong teh ini dalam air hangat selama beberapa menit lalu letakkan di atas kelopak mata dan tutupi dengan handuk. Biarkan selama beberapa menit sampai mata kembali seperti semula.

Tumbuhan ini kaya akan vitamin E dan antioksidan, dua zat yang bermanfaat dalam mengatasi mata bengkak. Teteskan ekstrak aloe vera di bagian bawah mata lalu diamkan. Tapi, kita harus berhati-hati jangan sampai ekstrak itu masuk ke dalam mata.

Larutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Setelah tercampur rata, rendam kapas di dalamnya lalu letakkan di atas kelopak mata selama beberapa menit. Begitu kapas terasa kering, rendam lagi dan letakkan lagi di atas kelopak mata. Lakukan hal itu berulang kali selama setengah jam atau sampai kita merasa yakin bengkaknya sudah hilang.