Pintar Pilih Sunblock

By Astri Soeparyono, Jumat, 22 Maret 2013 | 16:00 WIB
Pintar Pilih Sunblock (Astri Soeparyono)

Tinggal di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia ini, tentu kita enggak bisa menghindar dari paparan sinar matahari. Dengan teriknya sinar matahari yang menyinari kita, selain merasa kepanasan kulit kita juga bisa bertambah hitam. Karena itu, pemakaian sunblock bisa sangat menolong untuk kita terhindar dari teriknya matahari, apalagi buat kita yang beraktifitas di luar ruangan.

Sebelum membeli sunblock, kenali dulu jenisnya. Ada yang berbentuk gel, krim, lotion, spray dan stick. Sunblock yang berbentuk bisa cepat diserap kulit. Dengan kandungan dasar air, sunblock jenis ini cocok untuk kita yang memiliki kulit berminyak.

Sedangkan yang berbentuk cocok dipakai untuk kita yang memiliki kulit kering dan sensitif karena teksturnya yang ringan. Selain bisa melindungi kita dari matahari, sunblock jenis lotion juga bisa melembabkan kulit sehingga cocok untuk kita yang memiliki kulit normal cenderung kering.

Sunblock jenis biasanya mengandung alkohol sehingga jenis ini cocok untuk kita yang berkulit gelap karena bisa membuat kulit terlihat cerah.

Kalau sunblock jenis , enggak cocok digunakan buat kita yang berjerawat karena teksturnya yang padat dan tebal yang bersifat menutupi pori-pori.

Pilih sunblock yang mengandung SPF15 atau lebih untuk kita yang beraktifitas di luar ruangan. Untuk kulit yang lebih putih, membutuhkan SPF yang lebih tinggi dibandingkan dengan kulit gelap. Selain itu, pilih sunblock yang memberikan perlindungan terhadap berbagai macam radiasi, sperti UV-A dan bebas dari PABA (Para-aminobenzoic acid) yang bisa menimbulkan alergi pada kullit.

Gunakan sunblock 20 menit sebelum kita keluar rumah agar sunblock bisa menyerap ke kulit terlebih dulu. Setelah itu, aplikasikan lagi 20 menit setelah terkena matahari dan 2 jam sekali sehabis itu, apalagi jika kita berkeringat.

Untuk pengaplikasian pada wajah, perhatikan wilayah hidung karena hidung yang paling banyak terpapar matahari. Enggak lupa juga aplikasikan ke bagian telinga dan belakang leher. jangan takut untuk mengaplikasikannya dengan tebal agar sunblock pun bisa bekerja dengan maksimal.

(ella, foto: webmd.com)