Social Media Memicu Perselingkuhan?

By Astri Soeparyono, Senin, 4 Agustus 2014 | 16:00 WIB
Social Media Memicu Perselingkuhan? (Astri Soeparyono)

Menurut penelitian, aktif di social media bisa memicu perselingkuhan, putus, bahkan perceraian di kalangan orang dewasa!

Baca juga: Ciri-ciri Cowok yang Selingkuh Lewat Social Media

Percaya atau tidak, menurut sebuah studi di jurnal Cyberpsychology, Attitude and Social Networking, bahwa orang-orang yang aktif menggunakan sosial media, khususnya Facebook dan Twitter lebih dari dua kali sehari, dilaporkan memiliki konflik hubungan dengan pasangannya.

Parahnya, konflik tersebut kerap kali berujung pada hal negatif seperti perselingkuhan, putus hubungan bahkan perceraian.

Peneliti dalam jurnal tersebut mengamati sebanyak 205 pengguna Facebook  yang sudah memiliki pasangan dengan tingkat intensitas kunjungan situs yang sangat aktif.

Hasilnya, para pengguna tersebut dinyatakan mengalami konflik dan hubungan negatif karena Facebook. Kebanyakan orang memantau aktivitas pasangannya di sosial media atau Facebook. Bukannya makin romantis, kerap kali kegiatan ini memantik api cemburu.

Baca juga: Tips Menghadapi Pacar yang Suka Menyembunyikan Handphone Miliknya

Pemimpin studi tersebut, Russel Clayton yang juga merupakan Doktor di Universitas Missouri, menemukan fakta bahwa sosial media mengaitkan penggunanya dengan kenangan di  masa lalu. Peluang ketertarikan terhadap orang lain, baik secara emosional maupun fisik, juga semakin besar.

Baca juga: Stop Stalking Mantan

(ridho/tabloidnova.com, foto: techinasia.com)