5 Tanda Abusive Relationship

By Astri Soeparyono, Rabu, 18 Desember 2013 | 16:00 WIB
5 Tanda Abusive Relationship (Astri Soeparyono)

Abusive relationship enggak selamanya mudah dideteksi. Yuk, kenali tanda-tandanya!

Menurut data dari Do Something Organization, 25% remaja usia sekolah pernah terjebak dalam abusive relationship, lho. Dan, setengah dari jumlah ini memiliki kecenderungan untuk bunuh diri. 

Masalahnya selama ini batas kekerasan tersebut jadi kabur karena kita sering denial. Kita umumnya melabeli tindakan pacar sebagai bagian dari rasa sayang, padahal kalau dipikir-pikir dia sebenarnya sudah melakukan kekerasandan hubungan kita udah enggak sehat. Yuk, kenali tanda-tanda abusive relationship ini biar kita tahu seperti apa hubungan yang kita jalani. 

Tanda-tandanya: selalu ingin tahu ke mana kita pergi atau apa yang kita lakukan, cemburu berlebihan, memaksa ikut apa yang dia lakukan atau mengancam akan memutuskan kalau enggak mau, mengatur cara berpakaian, memastikan kita enggak akan mendapatkan apa yang kita mau dan yang kita dapatkan hanyalah apa yang dia mau, harus tahu semua password akun media sosial kita dan mengatur aktivitas kita di sana, bahkan ada yang sampai mengatur keuangan juga.