Tulus: Tips Menulis Lirik Lagu Ala Tulus (Bagian 2)

By Astri Soeparyono, Kamis, 22 Mei 2014 | 16:00 WIB
Tulus: Tips Menulis Lirik Lagu Ala Tulus (Bagian 2) (Astri Soeparyono)

Di album Gajah ini Tulus nggak hanya menunjukan kepiawaiannya dalam bernyanyi, tapi juga sebagai penulis lirik yang lugas. Pengin bisa menulis lirik seperti Tulus? Ini dia tips menulis lirik lagu ala Tulus

Bagi yang suka menulis lirik berbahasa Indonesia seperti Tulus, dia menyarakan untuk kembali membuka KBBI untuk melakukan cek n ricek akan kebenaran dan bunyi kata-kata tadi. "Termasuk dalam bahasa Indonesia yang baku atau enggak? Atau lebih pentingnya itu bahasa Indonesia atau malah bahasa daerah," kata Tulus

Memang tips satu ini terkesan kaku bila ingin menulis lirik yang asyik, namun bagi Tulus menulis lirik dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar itu akan membuat lirik yang dinyanyikan terdengar indah. "Banyak lho kata-kata dalam bahasa Indonesia yang kita enggak tahu, tapi ternyata itu indah," lanjutnya lagi.

"Bergayalah seperti orang bertutur, bercerita kepada teman dekat. Jadi intinya bikin lagu itu sama kayak kita ngomong sama orang aja," jelas Tulus. Baginya bernyanyi enggak jauh seperti orang bercerita. Ketika kita jelas menuliskan dan menyanyikan apa yang ingin disampaikan maka orang akan mengerti.

"Ini yang enggak semua penulis lirik sadari biasanya. Penyanyi yang baik adalah seorang story teller yang baik. Begitu juga dengan penulis lirik. Peulis lirik yang baik adalah penulis cerita yang baik," kata Tulus.

Baca bagian sebelumnya dengan klik di sini.

(m. zaki/hai, foto: daus/hai)