Lorde: Prinsip Hidup Sukses (Bagian 1)

By Astri Soeparyono, Rabu, 30 April 2014 | 16:00 WIB
Lorde: Prinsip Hidup Sukses (Bagian 1) (Astri Soeparyono)

Di umurnya yang baru 17 tahun, Lorde sudah punya banyak prestasi yang mendunia. Semuanya karena kerja keras dan prinsip-prinsip keren yang selalu dia pegang. Ini dia prinsip hidup sukses ala Lorde

Lorde yakin kalau nalurinya itu 99% selalu benar dan bahwa diri kita pasti tahu apa yang sebenarnya kita pengin. Makanya Lorde selalu mengikuti kata hatinya. Soalnya dia tahu apa yang dia mau dan yakin itulah yang terbaik baginya. 

"Terkadang, meski semua orang bilang 'Jangan lakukan itu, jangan lakukan itu,' kamu sebenarnya tahu kalau melakukan itu akan menghasilkan hal yang baik buat dirimu dalam jangka panjang. Jadi ya, aku rasa harus seimbang antara mendengarkan dan enggak mendengarkan apa yang orang-orang katakan."

 

Lorde ngaku sebagai orang yang enggak bisa banget kalau harus berbicara untuk mengungkapkan atau mempertahankan pendapatnya. Dia enggak suka kalau harus menegaskan apa maksud atau keinginannya. 

"Aku merasa itu susah banget dan canggung. Tapi setelah aku pikirkan lagi, aku paling merasa enggak nyaman selama 15-20 detik dan setelah itu hasilnya aku akan merasa lebih senang. Ini jauh lebih baik daripada nanti aku mengeluh 'Sial, kenapa tadi aku enggak ngomong?' Aku menyakinkan diriku kalau hasilnya akan baik. Lagi pula stresnya cuma sedikit."

 

Sebagai penulis lagu yang masih sangat muda, Lorde ngaku sering menaruh banyak tekanan pada dirinya sendiri. Enggak jarang dia langsung menghapus lirik yang dia buat karena merasa hal itu enggak merepresentasikan dirinya dengan baik atau merasa kalimat itu aneh. 

"I would censor myself so heavily. Aku merasa enggak ada ruang bagiku untuk menulis lagu yang jelek atau sesuatu yang enggak cocok dengan imej-ku. Aku rasa, kalau aku bisa kembali (ke saat itu), aku akan lebih baik pada diriku sendiri. Menulis apa pun yang aku mau. Jangan takut buat mencoba banyak hal secara lebih kreatif. Dengan begitu kamu akan belajar tentang dirimu sendiri. Khususnya sebagai penulis."

Mau tahu prinsip hidup sukses Lorde lainnya? Klik aja di sini. 

(iif, foto: oceanup.com)