Cara Daftar SNMPTN 2014

By Astri Soeparyono, Senin, 17 Februari 2014 | 16:00 WIB
Cara Daftar SNMPTN 2014 (Astri Soeparyono)

Buat warga kelas XII yang ingin masuk kampus negeri, jangan lewatkan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 yang dibuka Senin, (17/2).

Seperti tahun-tahun sebelumnya, SNMPTN ini mengambil datanya dari nilai raport. Tetapi, ada penambahan, yaitu panitia juga mengambil dari nilai Ujian Nasional.

"Pastinya mengambil dari nilai raport siswa, tetapi nilai Ujian Nasional juga diambil, presentasenya itu, yang menentukan seberapa besar presentasenya dari pihak universitas, dan yang paling penting itu kejujuran dari pihak siswa maupun sekolah dalam mengisi data," ungkap Ganjar Kurnia, selaku Ketua SNMPTN 2014.

Nah, berhubung kuota peserta yang terseleksi itu sebanyak 133.604 orang, jadi musti dipersiapkan dari jauh-jauh hari. Soalnya, pada pendaftaran SNMPTN ditutup, dan pengumuman lulus seleksinya pada .

Buat terdaftar sebagai peserta SNMPTN, Sekolah harus punya (NPSN), lalu mengisikan data sekolah berikut data siswa seperti nilai rapor dari semester 1-5 di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Jika sekolah sudah terdaftar di PDSS, pastinya siswa di sekolah tersebut punya Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

Nah, setelah itu, cara pendaftaran SNMPTN adalah, siswa yang melamar menggunakan NISN dan password yang diberikan kepala sekolah untuk login di website , setelah itu isi biodata, seperti pilihan kampus, mengisi prestasi tambahan, dan mengupload foto. Setelah semuanya terisi dengan benar , siswa pelamar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran, itu menjadi bukti bahwa siswa tersebut sudah terdaftar menjadi peserta SNMPTN.

Tata cara dan persyaratan sudah diberitahu, nah, jika menemui kesulitan, atau informasinya kurang jelas, bisa tanyakan langsung ke kepala selolah, mengunjungi websitenya, atau bisa juga hubungi

(alvin/hai, foto: pmb.uny.ac.id)