Situs Gunung Padang Sudah Ada Sejak Jaman Es?

By , Selasa, 28 Januari 2014 | 16:00 WIB
Situs Gunung Padang Sudah Ada Sejak Jaman Es? (cewekbanget)

Situs megalitikum yang terletak di Cianjur ini diduga sudah ada sejak jaman es, girls. Tim Terpadu Riset Mandiri Gunung Padang mengatakan, situs sekaligus bangunan dalam perut Gunung Padang terdiri dari empat lapis kebudayaan dengan tiap-tiap lapisan dibangun sama peradaban yang berbeda. Seperti yang dilansir Kompas, lapisan tertua diduga berasal dari masa 11.000 tahun yang lalu.

Salah satu kunci dugaan ini adalah lapisan terdasar dari situs Gunung Padang. Meskipun begitu, bagian ini belum diuji secara arkeologis untuk membuktikan dugaan tadi. Salah Satu bagian yang sudah diuji secara arkeologis dinyatakan berumur 5200 tahun. "Yang sudah dikonfirmasi secara arkeologis adalah yang berumur 5.200 tahun," kata arkeolog anggota tim riset Ali Akbar.

Penelitian situs Gunung Padang juga masih terus berlanjut. Tim peneliti berharap mereka bisa menguak kemungkinan adanya peradaban yang lebih tua di Indonesia. Dalam kurun waktu 11.000 tahun, kemungkinan ada peradaban nusantara yang membangun situs Gunung Padang dan diduga runtuh karena sebuah bencana.

(lana, foto: jakartagreater.com)