Kelinci Giok dari China Mulai Bekerja di Bulan!

By , Selasa, 17 Desember 2013 | 16:00 WIB
Kelinci Giok dari China Mulai Bekerja di Bulan! (cewekbanget)

Robot penjelajah milik China yang baru mendarat di Bulan sudah mulai bekerja, girls. Menurut situs BBC, lima dari delapan buah peralatan yang terdapat dalam wahana ini sudah mulai melakukan pengamatan.

"Teleskop dan kamera telah membuat gambar yang jelas," kata peneliti dari Chinese Academy of Sciences Zou Yongliao, dalam jumpa pers.

Penjelajah yang diberi nama Kelinci Giok ini dijadwalkan tinggal selama tiga bulan. Robot penjelajah ini bakalan mempelajari struktur geologi permukaan Bulan dan mencari sumber daya alam. Kendaraan pendarat dari penjelajah ini sendiri bakal melakukan eksplorasi sains selama satu tahun.

China menjadi satu-satunya negara nomor tiga setelah Amerika Serikat dan bekas Uni Soviet yang dapat mengirim misi ke Bulan. Program antariksa China sendiri sudah mengalami kemajuan yang signifikan, meskipun masih jauh tertinggal secara teknologi dari Amerika Serikat atau Rusia. Rencananya, Beijing bakalan membangun stasiun antariksa permanen pada 2020 dan mengirim astronotnya ke Bulan.

 

(lana, foto: bbc.co.uk)