Foto Selfie Sudah Ada Sejak Tahun 1907?

By , Sabtu, 14 Desember 2013 | 16:00 WIB
Foto Selfie Sudah Ada Sejak Tahun 1907? (cewekbanget)

Hayo, siapa yang suka mengambil foto diri sendiri memakai kamera handphone? Memoto diri sendiri atau yang kita kenal dengan istilah selfie memang sudah jadi kebiasaan banyak orang. Ternyata, selfie sendiri sudah dilakukan sejak sekitar seratus tahun yang lalu. Menurut situs BBC, dua buah foto kuno yang diambil di Skotlandia pada sekitar tahun 1900-an dan 1950-an menunjukan kegiatan memoto yang satu ini.

Sebuah foto memerlihatkan anak laki-laki memakai cermin dan kamera buat memotret dirinya sendiri, pada tahun 1907, di Nairn, Skotlandia. Selain ditemukannya foto ini, ada juga foto lain yang menggunakan cermin, diambil di sebuah rumah di daerah Broughty Ferry. Foto-foto ini termasuk dalam koleksi Komisi Royal Monumen Kuno dan Bersejarah Skotlandia (RCAHMS).

Melihat arsip foto-foto ini, kita jadi tahu ternyata orang-orang sudah tertarik memotret dirinya sendiri sejak lama, girls. Hal ini juga diungkapkan sama manajer komunikasi RCAHMS James Crawford. "Teknologi mungkin telah berubah, tapi selfie sudah ada lumayan lama. Namun bila melihat arsip-arsip sejarah, mulai dari lukisan hingga masa awal fotografi, jelas terlihat bahwa orang-orang selalu tertarik untuk merekam dan berbagi gambar diri mereka," ujar Crawford.

 

(lana, foto: bbc.co.uk)