Penemuan Jenis Lumba-Lumba Baru di Australia

By , Rabu, 30 Oktober 2013 | 16:00 WIB
Penemuan Jenis Lumba-Lumba Baru di Australia (cewekbanget)

Lumba-lumba spesies baru telah ditemukan, girls! Lumba-lumba yang ditemukan tim ilmuwan dari World Conservation Society, American Museum of Natural History dan lembaga lainnya ini merupakan jenis punggung bungkuk. Seperti yang dilansir Kompas, mereka menganalisis sejarah evolusi dari lumba-lumba punggung bungkuk ini dari segi morfologi dan genetik.

"Berdasarkan data genetik dan morfologi, kami mengusulkan bahwa genus lumba-lumba punggung bungkuk paling tidak terdiri dari empat spesies," kata Martin Mendez, asisten direktur WCS Amerika Latin dan Karibia.

Temuan lumba-lumba yang satu ini membantu para ilmuwan buat mengungkap sejarah evolusi dari kelompok hewan ini. Mereka juga jadi mendapatkan informasi terkait kebijakan konservasi untuk menjaga setiap spesies yang ada. Buat menemukan lumba-lumba punggung bungkuk baru ini, para ilmuwan menganalisis data morfologi dari lumba-lumba yang terdampar di pantai.

Oh ya, tiga spesies lumba-lumba punggung bungkuk yang sudah dikenal, di antaranya Sousa teuszii yang hidup di Atlantik, Sousa chinensis dan Sousa plumbea yang hidup di Indo-Pasifik. Sementara waktu, lumba-lumba spesies baru ini belum diberi nama oleh para ilmuwan.

 

(lana, foto: dok. Guido Parra)