Japan Foundation Jakarta: Gelar Pameran Topeng NOH

By Astri Soeparyono, Rabu, 16 Oktober 2013 | 16:00 WIB
Japan Foundation Jakarta: Gelar Pameran Topeng NOH (Astri Soeparyono)

Untuk merayakan persahabatan Indonesia dan Jepang yang ke-55 tahun, Japan Foundation Jakarta bersama Samurai JP menyelenggarakan sebuah pameran topeng tradisional Jepang yang bernama topeng NOH. Pameran ini akan berlangsung dari 10 sampai 18 Oktober 2013 di Hall The Japan Foundation Jakarta, tepatnya di Gedung Summitmas, Sudirman.

Apa itu topeng NOH?

Topeng NOH adalah topeng tradisional Jepang yang punya ratusan karakter wajah dan biasa dipakai seniman drama musik Jepang klasik NOH sejak 700 tahun lamanya. Hebatnya, tiap-tiap topeng punya spirit masing-masing yang bakal bikin kita kagum. Setiap garis, lekukan, warna, dan berbagai hal yang tampak di topeng-topeng ini menunjukkan sifat dan karakter tertentu.

Untuk pameran topeng NOH di Jakarta, topeng-topeng yang ditampilkan terdiri dari 30 karakter wajah dari 200-an topeng yang ada. Semua topeng yang dipamerkan di sini merupakan hasil karya Ogura Soei Sensei (84), seniman yang mendedikasikan hidupnya untuk kebudayaan topeng tradisional Jepang.

Demo pemahatan dan pentas tari

Selain memamerkan 30 topeng NOH, ada beberapa acara menarik yang sayang banget kalau sampai kelewatan. Pertama, ada demo pembuatan topeng NOH yang diperagakan oleh Ogura Sensei sendiri. Demo ini dilakukan setiap pukul 14.00 WIB selama pameran berlangsung. Kedua, ada pementasan tarian NOH yang hanya digelar pada Rabu, 16 Oktober 2013 pukul 15.30 WIB.

Kita bisa menikmati karya seni ini secara cuma-cuma lho alias gratis. Catat tanggal dan jam pamerannya ya! Jam buka pameran ini mulai dari pukul 10.00-16.00 WIB. Tapi khusus 12 Oktober pameran hanya buka sampai pukul 13.30 WIB dan 18 Oktober sampai 16.00 WIB. Sementara untuk 13 dan 15 Oktober pameran tutup karena hari libur.

(nana)