Bumi 'Mencuri' Bulan dari Venus?

By , Senin, 30 September 2013 | 16:00 WIB
Bumi 'Mencuri' Bulan dari Venus? (cewekbanget)

Selama ini kita tahu Bulan merupakan satelit yang terbentuk untuk mengitari Bumi. Nah, baru-baru ini David Stevenson dari California Istitute of Technology mengungkapkan teori baru tentang pembentukan bulan. Seperti yang dilansir Kompas, David mengatakan Bulan merupakan 'hasil curian' Bumi dari Venus.

Menurut teori itu, Bulan saat itu belum sepenuhnya terbentuk mengorbit Venus. Tapi, gara-gara gaya gravitasi Bumi, Bulan kemudian tertarik ke orbit Bumi. Pada akhirnya, Bulan menjadi satelit planet kita. Teori baru ini menarik, soalnya bertentangan sama teori yang selama ini kita percaya. Menurut teori sebelumnya, Bulan terbentuk akibat adanya benda langit raksasa menghantam bumi dengan kecepatan tinggi, sekitar 4,5 miliar tahun lalu.

Meskipun begitu, teori ini belum bisa menggoyahkan teori asal mula terbentuknya bulan. Analisis batu Bulan yang diambil pada misi Apollo mengungkapkan, Bulan dan Bumi memiliki komposisi unsur yang sama. Alex Haliday dari Oxford University juga mengungkapkan, komposisi itu menunjukkan adanya keterkaitan antara Bulan dan Bumi.

 

(lana, foto: dok. NASA)