The Only Golden Zebra In The World

By , Rabu, 4 September 2013 | 16:00 WIB
The Only Golden Zebra In The World (cewekbanget)

Girls, kenalan yuk sama Zoe, satu-satunya Golden Zebra di dunia yang pernah ditemukan. Berbeda dengan zebra pada umumnya yang berawarna hitam putih, Zoe adalah  satu-satunya zebra dengan warna kulit tubuh putih dan garisnya kuning keemasan.  Meski ada beberapa ekor Zebra lain yang albino alias berawarna putih, tapi cuma Zoe yang punya garis kuning keemasan. Karena itu disebut sebagai Golden Zebra.

Zebra berjenis kelamin betina ini lahir di Island of Molokai, Hawaii pada tahun 1998. Setelah itu dia dan ibunya, Oreo, diselamatkan oleh Three Ring Ranch, sebuah tempat perlindungan hewan eksotis di wilayah Kona, Hawaii, Amrik.

Banyak orang yang menyebut Zoe sebagai zebra albino, padahal Zoe bukanlah albino. Zoe sebenarnya menderita amelanosis atau amelanism. Amelanosis ini adalah kelainan pigmen yang disebabkan oleh kekurangan pigmen warna yang disebut melanin. Sedangkan kalau albino, itu berarti benar-benar kehilangan pigmen melanin sehingga warnanya putih. Sedangkan Zoe masih mempunya garis berawarna kuning keemasan yang indah.

Selain mempunyai garis dengan warna emas yang indah, Zoe juga punya mata bundar besar berwarna biru terang. Sayangnya, mata indah Zoe ini enggak dibarengi dengan kemampuan penglihatan yang baik. Yap, saat malam hari kemampuan penglihatan Zoe makin berkurang.

Enggak cuma itu, amelanosis ini juga menyebabkan Zoe sangat mungkin terkena berbagai penyakit seiring dengan umurnya yang bertambah tua. Diantaranya penyakit ginjal dan kanker kulit. Karena itu Zoe harus diberi makanan yang rendah protein dan terus diawasi dari kemungkinan terkena penyakit kanker kulit. Karena kondisinya ini, Zoe pun enggak akan dikembang biakan. Jadi kemungkianan enggak akan ada lagi Golden Zebra selain Zoe ini girls.

(aisha, foto: dok. weheartit)