Petani Dipenjara Karena Menyimpan Alien?

By Astri Soeparyono, Rabu, 10 Juli 2013 | 16:00 WIB
Petani Dipenjara Karena Menyimpan Alien? (Astri Soeparyono)

Seorang petani di Cina bernama Li Kai dipenjara selama lima hari karena menyebarkan berita bohong bahwa dia telah melihat sekelompok alien. Cowok yang berasal dari daerah Binzhou di provinsi Shangdong, China, ini menyatakan bahwa dia melihat lima alien setelah mengikuti beberapa UFO di sekitar Sungai Kuning Cina.

Menurut cerita Li yang ditulis pada The Sun, salah satu makhluk ruang angkasa tersebut mati karena setrum saat tertangkap di jebakan kelinci. Li menyatakan bahwa dia membawa mayat makhluk tersebut dan menyimpannya dalam sebuah freezer besar di rumahnya. Berita ini disebarkan Li melalui situs Sino Weibo, akun media sosial semacam facebook di Cina.

Berhasil membuat kehebohan dengan foto-foto dirinya bersama makhluk asing ini, Li ditangkap dan diinterogasi oleh pihak kepolisian. Li mengakui bahwa dia adalah salah satu penggemar berat Paul, alien dalam film Paul.

"Aku sangat menyukai Paul, jadi aku membuat (alien) versiku sendiri berdasarkan karakter Paul." Li akhirnya dipenjara selama lima hari dengan tuduhan, mengarang kebohongan dan merusak tatanan sosial yang normal.

Kebohongan seperti ini yang biasa disebut dengan hoax, berita palsu yang disebarkan secara luas melalui berbagai media gratis di internet. Meskipun dengan tujuan bercanda, kalau bahan bercandaan kita bisa memicu kehebohan atau kerusuhan dengan skala besar, tentunya bukan hal yang menyenangkan bagi pihak berwajib. Well girls, sepertinya boleh nih kalau kita belajar untuk lebih bijak dalam menggunakan media sosial, he-he-he, setuju, enggak?

(uswatun, foto: maisgoias.com.br)