Berwisata di Nusa Kambangan

By Astri Soeparyono, Kamis, 13 Juni 2013 | 16:00 WIB
Berwisata di Nusa Kambangan (Astri Soeparyono)

Ada yang masih ingat dengan pulau yang digunakan untuk mengasingkan para pelaku tindak kriminal, Nusa Kambangan? Pulau yang dianggap angker karena terkenal sebagai pulau penjara itu ternyata memiliki kemampuan lain selain menjadi rumah bagi para pelaku kriminal tingkat tinggi ini.

Sesuai yang dilansir kompas.com, Agustus 2013 nanti, Kementerian Kelautan dan Perikanan akan menggelar Festival dan Pekan Investasi Pulau Nusa Kambangan dan Segara Anakan untuk menarik investor. Yap! Pulau Nusa Kambangan akan dijadikan sebagai objek wisata, girls.

Pulau Nusa kambangan ternyata memiliki potensi alam yang dianggap bisa menarik para pengunjung. Pulau yang memiliki luas sekitar 11.000 hektar ini, memiliki vegetasi hutan hujan tropis dengan keanekaragaman hayati yang cukup tinggi. Selain itu, pulau ini dekat dengan Segara Anakan yang dikatakan memiliki vegetasi hutan bakau terbesar di Jawa.

Tetapi, wisata di pulau ini nantinya akan dibatasi pada wisata minat khusus, yaitu hal hal yang tidak akan mengganggu sistem pulau itu. Wisata yang mungkin diperbolehkan adalah berburu dan ekowisata. Katanya, sebisa mungkin pemerintah akan menghindari terciptanya hotel dan resor di pulau ini.

Wah, kalau sampai dibangun hotel dan resor, nanti para penghuni Nusa Kambangan mau tinggal dimana ya?

(uswatun, foto: kompas)