Warna Indonesia: Ajak Remaja Misi Budaya Ke Eropa

By Astri Soeparyono, Kamis, 13 Juni 2013 | 16:00 WIB
Warna Indonesia: Ajak Remaja Misi Budaya Ke Eropa (Astri Soeparyono)

Warna Indonesia mengajak remaja memperkenalkan budaya Indonesia di mata dunia. Wadah yang bergerak di bidang seni dan budaya ini akan membawakan beberapa tarian dan lagu tradisional di beberapa negara Eropa. Mereka akan tampil di Folklore Festival (Ceko), Op Roakeldais Folklore Festival (Belanda), dan North France Folklore Festival (Perancis) pada 17 Juni hingga 8 Juli 2013.

Beberapa tarian dan lagu dipilih untuk mewakili Nusantara. Seperti Zapin Bakiak (Melayu), Topeng Ireng (Jawa Tengah), Gending Sriwijaya (Sumatera Selatan), Hata Sopistik (Sumatera Utara), Tari Persembahan (Sumatera Barat), Tari Piring (Sumatera Barat), Tari Belian (Kalimantan), Tari Pakarena (Sulawesi), Tari Janger (Bali), lagu Lisoy (Sumatera Utara), lagu Sigulempong (Sumatera Utara), dan lagu Keroncong kemayoran (Betawi).

Tarian dan nyanyian ini akan dibawakan perwakilan Warna Indonesia dan beberapa teman-teman perwakilan dari SMAN 66 Jakarta, SMAN 34 Jakarta, SMA Izada, HighScope, Global Jaya Interbational School, SMP Budi Mulia, Universitas Buna Nusantara, Universitas Parahiyangan, dan Universite Rennes 2 France. Wah, semoga sukses ya!

(astri)