Iri Sama Pacar Sendiri?

By Marti, Rabu, 13 November 2013 | 16:00 WIB
Iri Sama Pacar Sendiri? (Marti)

Pacar lebih pintar dan selalu jadi juara kelas. Pacar lebih populer karena aktif di OSIS dan basket. Pacar lebih disayang guru dan teman-teman. Seharusnya kita bangga. Tapi, kok, malah muncul rasa iri, ya? Sepertinya kita sudah melakukan semua hal yang sama, deh, dengan dia, tapi, kok, dia selalu lebih, ya?

Rasa iri sebenarnya wajar, girls. Tapi, bisa berbahaya kalau dibiarkan. Seperti iri sama pacar sendiri. Kalau dibiarkan pasti akan berpengaruh pada hubungan ini. Kita jadi malas bertemu dengannya dan kalaupun bertemu, bawaannya selalu uring-uringan. Kita juga jadi kompetitif dan berambisi mengalahkannya. Akibatnya, hubungan jadi enggak sehat lagi, deh.

Sebelum hubungan sama pacar jadi terancam, mending introspeksi diri dulu, yuk. Dan, tentunya membuang jauh-jauh rasa iri itu.

Mungkin selama ini kita terlalu sering memikirkan pacar dan semua pencapaiannya sampai lupa dengan apa yang sudah kita miliki. Atau lebih parahnya, lupa sama apa yang pengin kita capai. Akibatnya, kita enggak berusaha apa-apa karena terus membandingkan diri dengan pacar. Jadi, wajar jika pencapaian kita enggak seperti dia.

Seharusnya orang terdekat jadi motiovator terbesar. Keberhasilannya itu seharusnya memotivasi kita. Dengan fokus pada apa yang kita kerjakan, tentunya kita akan bisa meraih hasil maksimal juga.

Membandingkan diri sendiri dengan orang lain hanya akan membuat kita menderita. Karena kita cenderung akan memandang negatif diri sendiri karena keberhasilan orang lain. Padahal, sebenarnya apa yang kita capai sudah bagus, kok. Jadi, mulailah untuk memuji pencapaian pacar dan berhenti berkomentar negatif atas keberhasilannya.

Kalau pengin seperti pacar, kenapa enggak kerja bareng aja, girls? Misalnya belajar kelompok biar bisa dapat nilai sempurna seperti dia. Atau ikut aktif di ekskul juga, jadi kita juga bisa punya banyak teman seperti dia. Kita bisa meniru sikap positif yang ditunjukkan pacar. Selain baik untuk diri sendiri, cara ini juga bisa membuat kita makin dekat dengan pacar, lho.