Move On In Four Steps

By Astri Soeparyono, Rabu, 19 September 2012 | 16:00 WIB
Move On In Four Steps (Astri Soeparyono)

Putus cinta? Itu biasa. Yang enggak biasa adalah terus-terusan meratapi sampai enggak ngasih kesempatan cinta baru datang. Untuk jatuh cinta lagi, kita harus membuka diri, dan tentunya move on.

Stop playing as a victim

Jangan selalu merasa kalau kita lah pihak yang selalu jadi korban. Selalu merasa jadi pihak yang disakiti dan ditinggalkan. Sekali kita punya pikiran macam itu maka selamanya kita akan selalu jadi korban di tiap hubungan.

Coba deh ubah mindset kita kalau perpisahan ini adalah yang terbaik untuk kita dan si mantan. Dengan begitu kita akan lebih tenang ngejalanin hari as a single ready to get mingle. Enggak menutup kemungkinan kalau perpisahan ini malah bikin hubungan kita dengan mantan malah jadi lebih deket sebagai teman atau sahabat.

Ambil pelajarannya

Jangan terlalu lama berlarut-larut meratapinya. Mulai menata diri dan juga ambil pelajaran penting dari gagalnya hubungan tersebut. Ini bisa membuat kita jadi lebih bijak dalam menjalani hubungan di masa depan. Kita juga bisa jadi lebih kuat dan dewasa untuk menghadapi hal-hal semacam ini.

Lalui dengan sahabat

Hal yang paling sering buat kita tambah susah untuk move on karena selalu ngerasa dia adalah the one. Kalau lagi masa-masa kayak gini tuh jangan lalui sendirian, tapi coba bagi cerita dan perasaan kita ke sahabat. Karena semakin sering kita sendirian, semakin sering kita mikirin dia. Jadi coba certain aja semuanya ke besties kita.

Let it go

Jadi hal pertama yang harus kita lakuin adalah melepaskan segala hal yang membuat kita kembali memikirkan dia. Caranya, bisa dengan give yourself a break, lakukan segala hal yang biasanya enggak pernah bisa kita lakukan dengan dia. Cari kegiatan baru yang bisa membangun pertemanan baru.

(gita)