James Blake: Cinta Musik, Kuliah Musik, Dapat Penghargaan Musik

By Astri Soeparyono, Selasa, 11 Maret 2014 | 16:00 WIB
James Blake: Cinta Musik, Kuliah Musik, Dapat Penghargaan Musik (Astri Soeparyono)

Mencintai musik sejak kecil, James berniat berkarier di bidang musik: kuliah di jurusan musik dan setelah lulus pun berhasil mendapat penghargaan musik.

Banyak orang yang baru mengenal nama James Blake setelah dia masuk dalam nominasi Grammy Awards 2014 sebagai nominator Best New Artist. Cowok asal Inggris kelahiran 26 September 1988 ini terbilang anak baru di industri musik.  Album pertamanya , James Blake, baru rilis di Inggris tahun 2011. Sebelumnya James  sudah merilis lima EP lewat label indie. Beberapa di antaranya dibuat James di kamar tidurnya.

Cowok yang menggusung genre electronic-dubstep ini mulai menarik perhatian orang musik setelah single-nya, CMYK, terpilih oleh BBC Radio 1 sebagai Record of the Week.  Berkat ini pula Blake dinominasikan pada BBC Sound of 2011 dan berhasil menjadi juara kedua. Tahun 2011, baru, deh, James bergabung dengan label besar, Universal dan merilis album James Blake (2011) dan disusul dengan Overgrown (2013).

Kalau banyak orang belajar musik berdasarkan hobi, enggak begitu dengan James. Sejak kecil dia memang berniat berkarier di musik dan memilih kuliah di jurusan ini juga.  James mengambil jurusan Popular Musid di Goldsmiths-University of London. EP yang dirilisnya tahun 2010 merupakan hasil tugas akhir kuliahnya juga. Hi-hi-hi, paket hemat ya!  

"Selama kuliah aku udah bikin beberapa karya (EP) dan aku menyerahkan EP Klavierwerke sebagai tugas akhirku. Aku nyaris dapat nilai sempurnya. Aku rasa (dapat) nilai sekitar 80-an, deh. Aku sengaja soalnya aku enggak mau kerja dua kali. Jadi aku menyerahkan karya yang udah ada aja. Seperti menyelam minum air, deh," jelas James soal tugas kuliahnya ini.

Beruntung banget James. Setelah lulus, namanya makin dikenal di dunia musik.  Tahun 2011 dia meraih nominasi Mercury Awards untuk album James Blake dan akhirnya tahun 2014 ini masuk nominasi Grammy Awards. Jalannya untuk berkarier di dunia musik pun makin terbuka. "Ini benar-benar membuat aku lega. Paling enggak selama tiga tahun aku menghabiskan waktu enggak sia-sia."  

Enggak pernah ada yang sia-sia untuk urusan belajar, dong!

James Blake Litherland

Lahir: 26 September 1988

Twitter: @jamesblake

(muti, foto: standard.co.uk)