Asteroid Raksasa Baru Saja Melintasi Bumi

By , Minggu, 2 Juni 2013 | 16:00 WIB
Asteroid Raksasa Baru Saja Melintasi Bumi (cewekbanget)

Sebuah asteroid berukuran hampir sebesar 2,7 km persegi baru saja melintasi bumi. Menurut pemberitaan BBC UK, asteroid ini berada pada titik terdekatnya sama planet bumi, pada hari Jumat (31/05). Batu besar luar angkasa yang dikenal dengan nama 1998 QE2 ini ukurannya besar banget, bahkan punya bulan sendiri. Sampai hari ini, asteroid itu dikabarkan melintas pada jarak aman. Jadi, enggak ada kemungkinan sampai asteroid ini menabrak planet yang kita tinggali ini, girls. Fiuh!

Jarak ini lebih jauh sebanyak 200 kali lipat daripada asteroid yang pada bulan Februari lalu mendekati bumi. Bedanya, asteroid ini berukuran 50.000 kali lebih besar. "Asteroid ini termasuk besar. Dan sedikit sekali yang kita ketahui mengenai hal ini, mungkin hanya sekitar 600 asteroid seukuran ini yang beredar di dekat bumi," ujar Profesor Alan Fitzsimmons, astronom dari Queen's University Belfast.

Peristiwa ini bermanfaat buat para astronom buat mempelajari massa asteroid. Mereka merekam gambar asteroid ini memakai radar teleskop dengan resolusi tinggi. Hal ini juga bisa mengungkap misteri, apakah asteroid itu berasal dari sistem tata surya mana. Meskipun enggak bisa dilihat sama mata telanjang, penggemar benda langit bisa melihatnya memakai teleskop sederhana. Asyik!

(lana, foto: dok. NASA)