Epic (2013): Petualangan Kecil Yang Megah!

By Astri Soeparyono, Selasa, 21 Mei 2013 | 16:00 WIB
Epic (2013): Petualangan Kecil Yang Megah! (Astri Soeparyono)

"Sesuatu yang enggak bisa kita lihat, belum tentu tidak ada." Itu perkataan ayah Mary Katherine alias MK (Amanda Seyfried) yang sempat membuat dia mengerenyitkan dahi. Hubungan MK dan ayahnya memang kurang harmonis sejak orangtuanya bercerai. Ibu MK meninggalkan ayahnya karena ia terobsesi dengan penelitiannya tentang sekelompok manusia kecil, sebesar serangga, yang hidup di dalam hutan. Ibunya pikir, ia sudah gila.

Petualangan MK berawal dari sesuatu yang kecil. Ia melihat serangga kecil terluka dan terjatuh di hadapannya dan memberikannya sebuah kuncup bunga. Serangga itu ternyata seorang ratu bernama Tara (Beyonce Knowles). Kemudian entah apa yang terjadi, tubuh MK pun menciut. Sang ratu pun meninggal.

Singkat cerita, ia terlibat dalam perjalanan menyelamatkan kuncup bunga berkekuatan magis itu agar seluruh hutan bisa selamat dari tangan jahat Mandrake si penghancur hutan. MK enggak sendirian, ia ditemani ksatria atau Leafman bernama Ronin (Collin Farrell) yang kuat dan tegas. Juga Nod (Josh Hutcherson), seorang cowok yang masih bingung antara bersenang-senang atau mengabdi sebagai Leafman.

Dalam perjalanannya MK sadar kalau ayahnya tidak gila dan ia ingin kembali menjadi manusia. Tapi di sisi lain para penghuni hutan sangat membutuhkan bantuannya. Seperti yang dikatakan ratu Tara sebelum ia meninggal, setiap orang berada di suatu tempat karena sebuah alasan.

Dengan kisah yang menyentuh, pengisi suara para aktor dan aktris terkenal, juga animasi tiga dimensi yang dibuat senyata mungkin, Epic membawa kita ke petualangan kecil yang megah!

Sutradara: Chris Wedge

Pengisi suara: Colin Farrell, Josh Hutcherson, Beyoncé Knowles, Amanda Seyfried, Steven Taylor, Pitbull, Jason Sudeikis, Christoph Waltz.

(astri, foto: Twentieth Century Fox Animation)