Pendidikan Lingkungan dari Kebun Raya Cibodas

By Astri Soeparyono, Jumat, 17 Mei 2013 | 16:00 WIB
Pendidikan Lingkungan dari Kebun Raya Cibodas (Astri Soeparyono)

Untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan, khususnya pada konservasi keanekaragaman hayati, Kebun Raya Cibodas melakukan program pendidikan lingkungan bagi para pelajar di Jawa Barat. Program pendidikan ini sudah dilakukan sejak tahun 1999.

Menurut Hubungan Masyarakat Kebun Raya Cibodas Tatang, kegiatan ini dilakukan dengan langsung datang ke sekolah-sekolah mulai dari SD hingga SMA di Jawa Barat atau langsung mengundang mereka langsung.

Pendidikan lingkungan yang diajarkan dimulai dari wisata flora, perindangan sekolah, pembuatan kebun botani sekolah, perbanyakan tanaman, dan lain-lain. Hingga saat ini, program ini sudah diikuti sekitar 8.640 siswa yang berasal dari 578 sekolah mulai dari SD sampai SMA di enam kabupaten di Jawa Barat.

"Kegiatan ini bisa diikiuti oleh sekolah-sekolah lainnya asalkan memiliki komitemen dan keseriusan untuk melakukan perawatan," ujar Tatang deprti dikutip di Kompas.

Kendala yang dirasakan Tatang dalam menjalani program ini adalah masih kurangnya kesadaran dari pihak sekolah akan pentingnya menjaga lingkungan. Selain itu, tidak semua sekolah memiliki area untuk penanaman tumbuhan. Menurut Tatang, sudah seharusnya setiap sekolah membutuhkan perindangan serta menjalankan program sekolah sehat.

(atifa, foto: Indonesia.is)