Bing Rilis Penerjemah Bahasa Klingon

By Astri Soeparyono, Rabu, 15 Mei 2013 | 16:00 WIB
Bing Rilis Penerjemah Bahasa Klingon (Astri Soeparyono)

Mesin pencari kepunyaan Microsoft, Bing, merilis mesin penerjemah bahasa Klingon. Klingon adalah salah satu ras yang ada di film Star Trek Into The Darkness. Seperti yang diberitakan oleh Washington Post, pengguna Bing bisa menerjemahkan bahasa Inggris ke dalam bahasa Klingon.

Selain menerjemahkan, tulisan terjemahannya terdapat dua pilihan. Yaitu, dengan huruf alfabet biasa atau dengan alfabet Klingon yang dikenal sebagai Kronos. Untuk mengaksesnya, pengguna bisa membuka lewat web atau windows phone 8.

Untuk meluncurkan aplikasi ini, tim dari Microsoft bekerja sama dengan Paramount Picture dan Institut Bahasa Klingon. Menurut Matt Wallaert Ilmuwan Perilaku di Bing, walaupun film Star Trek sudah tayang, ide ini merupakan cara untuk menarik perhatian para Trekker (sebutan untuk para penggemar Star Trek).

Kamus bahasa Klingon memang sudah ada di toko buku. Namun, menurut Matt terjemahan langsung di internet belum ada yang membuat. Ini jadi tantangan tersendiri untuknya karena tim Microsoft harus membuat sebuah bahasa dengan pola yang aneh dan merupakan bahasa fantasi.

Bahasa Klingon ditemukan oleh Marck Okrand, ahli bahasa yang bekerja di National Captioning Institute. Tidak hanya menciptakan bahasa Klingon, Okrand juga merupakan orang dibalik dan pencetus bahasa Vulcan, yang juga ada di film Star Trek. Ia membuat bahasa Klingon pada film Star Trek yang ketiga dan menurutnya cukup simpel untuk dijadikan sebuah dialog. Gimana, girls, mau coba PDKT sama cowok dengan bahasa Klingon? He-he-he.

(atifa, foto: reuters.com)