Kong Dongmei: Diprotes Karena Jadi Orang Terkaya

By Astri Soeparyono, Minggu, 12 Mei 2013 | 16:00 WIB
Kong Dongmei: Diprotes Karena Jadi Orang Terkaya (Astri Soeparyono)

Bukannya malah mendapat pujian, gara-gara masuk daftar orang terkaya di China, Kong Dongmei malah mengundang komentar sinis dan protes di seluruh China, Kamis (9/5). Cucu Mao Zedong yang hampir berumur 40 tahun dan suaminya Chen Gongsheng, masuk dalam peringkat 242 individu terkaya di China. Mereka mempunyai kekayaan senilai lima miliar yuan atau sekitar Rp7,5 triliun.

Masyarakat China protes, karena sebelumnya Mao Zedong, bapak pendiri China komunis ini menganjurkan kehidupan sosial. Artinya, kehidupan cucunya ini enggak sesuai sama anjuran Mao Zedong. Selain itu, mereka juga melanggar peraturan satu anak di seluruh China yang sudah berlangsung selama 30 tahun, dengan memiliki tiga anak.

Kong juga dikecam gara-gara menikah sama Chen yang konglomerat dan enggak pro sama kaum kecil. Padahal hal itu yang bertahun-tahun diterapkan sama masyarakat China soal revolusi dan pro kaum kecil dari anjuran Mao Zedong. Hmmm, seandainya Kong bukan cucu Mao Zedong, pasti masalahnya enggak akan seperti ini, ya?

(lana, foto: dailypressdot.com)