ICYS: Tempat Ilmuwan Muda Bertemu

By Astri Soeparyono, Rabu, 10 April 2013 | 16:00 WIB
ICYS: Tempat Ilmuwan Muda Bertemu (Astri Soeparyono)

Para ilmuwan muda di Indonesia dan dunia akan bertemu di Bali pada tanggal 15-22 April 2013. Bertemunya para ilmuwan muda ini sekaligus untuk mengikuti acara International Conference of young Scientists (ICYS) 2013. ICYS merupakan perlombaan karya ilmiah tingkat dunia bagi para siswa sekolah menengah yang sudah berlangsung sejak tahun 1993.

Dalam acara ini para ilmuwan muda akan mempresentasikan karya ilmiahnya di hadapan juri internasional. "Sejak tahun 2009, Indonesia sudah berhasil memperoleh banyak gelar dan medali. Tahun ini, Indonesia sudah mempersiapkan 12 siswa SMA yang sebelumnya sudah melewati proses seleksi," ujar Monika Raharti President of Local Organizing Commitee ICYS 2013 dalam press conference yang diadakan pada Kamis (11/4) di Grand Indonesia, Jakarta.

Keikutsertaan tim Indonesia dalam ajang ICYS ini mendapatkan dukungan dari Surya Institute dan Surya University. Prof. Yohanes Surya, Phd, pendiri Surya Institute mengatakan bahwa ICYS merupakan salah satu cara membangkitkan semangat untuk melakukan riset. "Dengan banyaknya anak-anak muda yang melakukan riset, masa depan Indonesia akan cerah," ujarnya.

Acara ICYS membebaskan topik penelitian dari ilmuwan muda yang bertanding. Biasanya, mereka akan mempresentasikan riset dengan latar belakang masalah di negaranya masing-masing dan juga memberikan solusi.

(atifa, foto: atifa)