Wayang in Symphony: Ketika Musik Klasik Berpadu Dengan Warisan Jawa

By Astri Soeparyono, Senin, 22 Oktober 2012 | 16:00 WIB
Wayang in Symphony: Ketika Musik Klasik Berpadu Dengan Warisan Jawa (Astri Soeparyono)

Dalam rangka ulang tahun yang ke-25, Yayasan Lontar, organisasi yang mengabdikan diri kepada sastra dan budaya Indonesia, bekerjasama dengan Orkes Simfoni Jakarta membuat sebuah pertunjukkan wayang dengan judul 'Wayang in Symphony' yang menghadirkan lakon "Makutharama". Dengan tujuan untuk mempopulerkan filosofis wayang ke masyarakat dengan cara modern.

Acara ini didukung oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Standard Chartered Bank, Kompas dan juga Djarum Foundation. Mereka semua sangat mendukung jalannya acara ini.

Perkawinan musik klasik barat dengan sastra tradisional

Kalau kita perhatikan seni pertunjukan wayang mulai terlupakan oleh masyarakat. Padahal, seni wayang telah diakui UNESCO sebagai warisan mahakarya dunia yang tak ternilai.

"Wayang in Symphony merupakan perkawinan musik klasik barat dengan karya sastra tradisional, seperti menonton simfoni orchestra Romeo and Juliet karya Tchaikovsky tapi ini orchestra simfoni dari lakon wayang 'Makhutarama'," ujar Kestity Pringgoharjono, selaku Direktur Eksekutif Yayasan Lontar.

Selain orkestra Wayang in Symphony, yayasan Lontar juga meluncurkan buku dengan lakon wayang Makuthara. Buku ini dicetak dalam bahasa Jawa, Indonesia dan Inggris.

Wayang in Symphony - The Concert

Orang-orang yang berada dibalik acara ini adalah Ki Joko Lemazh Suprayitno, ia bertugas sebagai composer yang membuat komposisi dan orkestrasi musik yang terinpirasi dari lakon wayang 'Makutharama'. Kemudian ada Yudianto Hinupurwadi sebagai pengarah musik dan konduktor, dan Jose Rizal Manua sebagai sutradara acara.

Neneng Rahardja, Presiden Direktur Orkes Simfoni Jakarta memilih untuk menggelar orkestra karena ia ingin memamerkan kepada masyarakat internasional bahwa Indonesia memiliki simfoni musik berakar kebudayannya sendiri.

Acara Wayang in Symphony-The Concert akan diadakan pada tanggal 24 November 2012 di gedung Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki. Saksikan orkestra ini biar kita jadi salah satu saksi sejarah untuk pertama kalinya karya sastra tradisional wayang disatukan dengan musik klasik barat.

Cek juga website mereka

Web : www.wayanginsymphony.weebly.com

facebook : www.facebook.com/wayanginsymphony

(tisha)