Talia: Kanker, Make Up, dan Model Kehormatan

By Astri Soeparyono, Jumat, 26 Oktober 2012 | 16:00 WIB
Talia: Kanker, Make Up, dan Model Kehormatan (Astri Soeparyono)

Gara-gara kecintaannya sama make up, Talia Joy Castellano jadi terkenal. Video make up tutorialnya di Youtube dilihat banyak orang. Dan akhirnya diundang ke acara  talkshow The Ellen Show bersama Ellen DeGeneres.

Di balik keceriaan dan kecintaannya pada make up, cewek berumur 13 tahun ini sebenarnya imenderita dua penyakit kanker yang mengancam hidupnya. Lewat vlog Youtube, dia menceritakan mengenai kanker neuroblastoma yang dimilikinya dari tahun 2007. Ditambah preleukimia yang baru-baru ini muncul di tulang sumsumnya.

"Kalian yang menonton videoku enggak tahu bagaimana kondisi kankerku. Dokter menyuruhku untuk melakukan prosedur yang paling mengerikan untukku yaitu transplantasi tulang sumsum. Itu adalah harapanku satu-satunya. Tetapi, aku berpikiran untuk tidak melakukannya," cerita Talia dalam videonya.

Tetep pede walau botak

Seperti pasien kanker lainnya, Talia menjalani kemoterapi dan membuat rambutnya rontok. Tapi dia enggak malu akan kebotakannya, malah mencoba untuk meningkatkan kepercayaan dirinya dengan cara bermake up. Talia juga enggak butuh wig karena dia enggak merasa harus menutupi kekurangannya.

Saat untuk pertama kalinya ia keluar rumah untuk berbelanja sayuran dengan kebotakannya, ia tetap merasa percaya diri, dan itu semua karena bantuan make up.

"Aku tidak suka rambut palsu, menggunakannya membuatku merasa tidak menjadi diri sendiri," komentar Talia mengenai rambut palsu.

 

Bikin video sampai akhir hayat

Pada bulan Agustus 2012, ia telah divonis oleh sang dokter bahwa hidupnya kurang lebih hanya tinggal empat bulan sampai satu tahun lagi. Ia memutuskan untuk tetap membuat video diyoutube sampai akhir hayatnya.

"Kanker adalah hadiah, tetapi hal yang sulit, Tetapi aku tetap mendapat keuntungan dari hadiah yang buruk itu. Aku bersyukur aku bisa menginspirasi orang-orang dengan videoku untuk tidak cepat menyerah dengan masalah yang menerpa dalam hidup mereka," ujar Talia.

Kejutan dari Covergirl

Di The Ellen Show, Talia mendapatkan kejutan. Dia dijadikan model kehormatan untuk brand make up Covergirl, make up yang terkenal di Amerika dengan brand ambassador seperti Taylor Swift, P!nk, dan juga Ellen Degeneres. Covergirl menganggap Talia adalah model Covergirl yang paling menginspirasi.

(tisha)