Adaro Youth Animation Competition 2012

By Astri Soeparyono, Selasa, 16 Oktober 2012 | 16:00 WIB
Adaro Youth Animation Competition 2012 (Astri Soeparyono)

PT Adaro Energy Tbk, perusahaan pertambangan batubara, mengadakan acara bertajuk "Adaro Youth Animation Competition 2012" disingkat menjadi AYAC, yang diikuti oleh siswa SMU, dan sederajat se-Jabodetabek. Acara ini diadakan dalam rangka merayakan ulang tahun PT Adaro yang ke-20 tahun. PT Adaro ingin mensosialisasikan tambang dengan cara unik, biasanya perusahaan lain mengadakan lomba fotografi, atau ilustrasi. Tapi kali ini PT Adaro memberi kesempatan untuk para animator muda.

Walaupun promosi yang dilakukan oleh PT Adaro terbatas, ternyata sebanyak 35 SMU, dan sederajat ikut dalam kompetisi ini. Baik sekolah yang memiliki ekskul, dan mata pelajaran animasi maupun yang hanya otodidak tanpa pembelajaran dari sekolahnya. Sebanyak 100 video animasi disertakan dalam kompetisi ini. Tidak disangka anak muda Indonesia banyak yang berminat untuk menjadi animator.

Menurut Marlin Sugama, Co Founder Main Studio, perkembangan animasi tahun ini sangat berkembang pesat dibanding beberapa tahun belakangan. Yang tadinya diuniversitas hanya ada dua kelas untuk jurusan animasi, tahun ini meningkat menjadi 8 kelas karena bertambahnya peminat. Stasiun televisipun sekarang menambah jam tayang selama satu jam untuk animasi lokal lho.

Acara yang diadakan di The Only One Resto & Lounge, Mall F(X) Sudirman ini dimeriahkan oleh penampilan dari Modern Dance SMA 30, dan bintang tamu Efek Rumah Kaca. Kompetisi ini dimenangkan oleh SMK Satria sebagai juara tiga, SMA 112 sebagai juara dua, dan SMK Strada Daan Mogot sebagai pemenang pertama. Buat para pemenang, PT Adaro memberikan hadiah uang tunai, gadget terbaru, dan kesempatan untuk mengunjungi lokasi operasional Adaro di Kalimantan Selatan. Selamat ya untuk para pemenang.

(tisha)