Road To UFG 2012: Stop Bullying di SMP Don Bosco Jakarta

By , Minggu, 7 Oktober 2012 | 16:00 WIB
Road To UFG 2012: Stop Bullying di SMP Don Bosco Jakarta (cewekbanget)

Roadshow Unbeatable Fun Girl dengan Workshop Anti Bullying ke sekolah-sekolah di Jakarta sudah dimulai. Sekolah pertama yang dikunjungi adalah SMP Don Bosco, Jakarta Selatan.

Tepat pukul 8.00 WIB siswa kelas 1 dan 2 SMP Don Bosco sudah memasuki aula di lantai dua gedung sekolah Don Bosco. Setelah acara dibuka oleh kepala sekolah, workshop pun siap dimulai. Pembicara dari Yayasan Sejiwa memulainya dengan latihan dan games konsentrasi, yang membuat perhatian siswa Don Bosco teralihkan seluruhnya kepada materi workshopantibully.

 

Apa sih bullying?

Selama acara siswa Don Bosco sangat antusias dengan materi yang diberikan. Begitupula ketika salah satu dari mereka ditanya apa arti bullying bagi mereka, "Bullying adalah tindakan penindasan seseorang terhadap orang lain," ujar salah satu siswa Don Bosco.

Menurut Yayasan Sejiwa, bentuk bullying tidak hanya dalam bentuk penindasan tapi tindakan intimidasi yang menekankan posisis seseorang lebih tinggi daripada orang lain. Tindakan bullying sendiri bisa dipraktikan dalam bentuk verbal, physical, psikologi, dan yang paling terbaru adlah cyber bullying.

 

"Your word is powerful, use them wisely," ujar Yayasan Sejiwa. Tanpa disadari memang kata-kata kita bisa sangat menyakiti orang lain dan tingkat seseoranguntuk dapat menerima hinaan dan celaan itu berbeda-beda. "Kalau kita biasa di kasarin, bukan berarti kita harus kasar dengan orang lain," ujar pembicara dari yayasan sejiwa.

 

Pernah di-bully

Acara semakin menyenangkan ketika J-Flow ikut berbagi cerita dan pengalamannya selama menjadi pelajar. Pengalamannya bersekolah menjadikan dirinya seorang korban bullying dan jadi orang yang mem-bully. "Bully itu siklus, kalau kita dulu pernah di bully kita cenderung ingin membalas dengan membully orang lain," ujar J-Flow yang menutup kehadirannya dengan menyanyikan lagunya yang berjudul Wow.

Di akhir acara anak-anak SMP Don Bosco meramaikan booth kawanku. Di dalamnya mereka bisa daftar untuk menjadi Unbeatable Fun Girl 2012, foto booth, dan juga register untuk jadi memberkawankumagz.com.Untuk teman-teman di SMP Al-Izhar, SMP BPK Penabur, SMP Tarakanita 1, dan SMP 109, siap-siap untuk seru-seruan sambil ikutan workshop anti-bullying bareng kita ya!

(gita)